nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Jalanan Licin, Polisi Tembak Teman Sendiri saat Buru Bandar Sabu

Era Neizma Wedya, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 00:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 28 610 1996894 gara-gara-jalanan-licin-polisi-tembak-teman-sendiri-saat-buru-bandar-sabu-brK3XnBiOA.JPG Polres Musi Rawas ringkus dua bandar narkoba jenis sabu (Foto: Era Neizma Wedya/Okezone)

MUSI RAWAS - Nasib nahas dialami oleh anggota Satuan Narkoba Polres Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan. Ia tertembak pistol temannya sendiri saat memburu tersangka pengedar narkoba jenis sabu di wilayah itu.

Peristiwa ini menimpa Aiptu Zulpin Pakpahan pada Rabu 26 Desember 2018 lalu sekitar pukul 15.30 WIB. Lokasi kejadian terletak di Desa Maur Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Kapolres Mura, AKBP Suhendro membenarkan bahwa kejadian yang menimpa anggotanya itu terjadi saat hendak menciduk dua tersangka yang masuk dalam Target Operasi (TO) Satnarkoba Polres Mura dan BNN Mura karena diduga sebagai bandar narkoba di Desa Maur, Kecamatan Rupit.

Saat digerebek, seorang tersangka bernama Bastian (45) berhasil ditangkap, namun satu tersangka lainnya berinisial RD (22) malah meloloskan diri. Tak ingin buruannya hilang, Aiptu Zulpin Pakpahan bersama seorang rekannya dari BNN Kabupaten Mura mengejar pelaku.

Karena jalanan sedikit licin, Briptu Yogi yang berlari tepat di belakang Aiptu Zulpin lantas terpeleset. Pistolnya pun secara tak sengaja meletus hingga mengenai pinggang Aiptu Zulpin.

"Tidak ada unsur kesengajaan. Situasi dan kondisi di lapangan hingga terjadi musibah tersebut. Peluru dari senjata Briptu Yogi kemudian mengenai tubuh Aiptu Zulpin tepat pinggang sebelah kiri,” ucap AKBP Suhendro.

Penembakan

Dalam pengejaran itu kedua bandar sabu akhirnya berhasil diringkus. Dari tangan mereka polisi diamankan barang bukti 10 plastik klip berisi kristal putih diduga sabu, satu bal klip kosong, dua plastik klip kosong, 11 pirex kaca, satu unit timbangan elektrik dan satu buah alat hisap sabu (bong).

"Kedua tersangka bersama barang bukti diamankan ke Mapolres Musi Rawas. Sedangkan anggota kami yang terluka langsung dilarikan ke RS Siti Aisyah Kota Lubuk Linggau guna mendapatkan pertolongan medis. Alhamdulillah penanganan cepat kondisinya stabil," paparnya.

Berdasarkan hasil diagnosa sementara, tidak ada organ vital Aiptu Zulpin yang terganggu. Diperkirakan peluru hanya menyerempet bagian daging saja. "Kami tegaskan ini murni tidak sengaja, ini kan lukanya bukan di kepala, tapi di bawah, lukanya di pinggang. Artinya tanpa sengaja," kata Suhendro menegaskan.

Sementara untuk Briptu Yogi, Polres Mura akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan BNN setempat terkait penggunaan senpi ini. Jika nantinya ditemukan pelanggaran disiplin maka akan diambil tindakan lebih lanjut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini