nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaet BNPB dan KPK, Mendikbud Susun Modul Mitigasi Bencana dan Anti Korupsi

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 17:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 28 65 1997220 gaet-bnpb-dan-kpk-mendikbud-susun-modul-mitigasi-bencana-dan-anti-korupsi-tfC5995EFB.jpg Mendikbud Muhadjir Effendy (Foto: Avirista/Okezone)

KOTA MALANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyusun modul paket yang di dalamnya terdiri wawasan kebencanaan, pendidikan anti korupsi, dan radikalisme.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy sendiri menyatakan bahwa Kemendikbud sudah menggandeng beberapa instansi lain untuk penyusunan modul paket pendidikan yang tidak masuk dalam mata pelajaran ini.

Baca Juga: Kemendikbud Kaji Mata Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila Diajarkan Lagi

"Jadi untuk kebencanaan paketnya sudah tiga modul yang diproduksi, sudah jadi, disusun bersama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Yang korupsi sudah disusun bersama KPK, dan radikalisme juga sudah," terang Muhadjir.

Ia menambahkan saat ini elemen modul pembelajaran ini sudah jadi dan siap diproduksi, namun pihaknya masih belum menentukan nama dari modul tersebut.

"Tinggal judulnya apa tadi pak Dirjen masih menyusun. Kalau di luar negeri namanya liberal art, kalau di sini kita masih cari," ujar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kepada media, Jum'at (28/12/2018).

mendikbud

Presiden Joko Widodo sendiri telah mberikan instruksi kepada Mendikbud untuk memasukkan pendidikan mitigasi bencana ke kurikulum sekolah.

Hal ini dilatarbelakangi kondisi geografis Indonesia yang dikelilingi banyak lempeng dan berada di wilayah ring of fire yang memungkinkan rawan terjadinya bencana alam.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini