nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Murah Bikin Kinclong Blok Mesin Motor

Mufrod, Jurnalis · Minggu 30 Desember 2018 07:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 29 15 1997603 cara-murah-bikin-kinclong-blok-mesin-motor-zd3o6s1AFq.gif Ilustrasi membersihkan sepeda motor (foto: Ist)

JAKARTA - Sektor mesin terkadang sering ditemui dalam kondisi kotor, terlebih musih hujan dimana debu yang menempel di mesin mengerak dan membuat blok mesin kusam.

Namun ada cara mudah untuk membersihkan blok mesin yang kotor tersebut dengan menggunakan blau yang biasa untuk mencuci pakaian. Bahan ini sangat mudah di dapat dan harganya cukup murah yakni Rp2.000 rupiah.

Cara ini sudah berkali-kali dilakukan oleh Ridwan Mustafi, pemilik usaha cuci mobil dan motor yang berada di kawasan Beji, Depok, Jawa Barat. Blau menurutnya sangat ampuh membersihkan kotoran yang menempel di blok mesin.

 

Selain murah, pengaplikasian blau untuk membersihkan blok mesin pun terbilang mudah. Dimana blau cukup dicampur dengan air. Setelah rata campuran air blau tersebut bisa langsung diusapkan ke bagian mesin yang kotor. Namun pastikan terlebih dahulu blok mesin tidak terdapat noda oli.

Setelah air blau menempel di bagian mesin, bersihkan mesin menggunakan air biasa dan langsung keringkan bagian yang telah dibersihkan dari blau.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal selain mengusap bagian mesin, blok mesin yang sulit dijangkau bisa dibersihkan menggunakan sikat.

 

"Untuk mendapatkan hasil yang maksimal jangan ragu untuk sikat secara berulang-ulang bagian blok mesin sehingga lapisan blau tampak terlihat tebal. kemudian diamkan selama satu sampai dua hari tanpa membilas," ujarnya.

Meskipun campuran blau dan air masih menempel, motor tetap dapat dikendarai seperti biasa.

Setelah satu atau dua hari blok mesin terbungkus blau, bilaslah menggunakan campuran air dan sabun. "Perhatikan dengan seksama blok mesin motor Anda pasti berubah kinclong seperti baru. Selain murah, cara ini juga sangat mudah," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini