nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidang Vonis Kasus Dana Pensiun Pertamina Ditunda

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 29 Desember 2018 04:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 29 337 1997404 sidang-vonis-kasus-dana-pensiun-pertamina-ditunda-yr2KOjRlNa.jpg Pertamina (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sidang putusan atau vonis kasus dugaan korupsi Pengelolaan Dana Pensiun PT Pertamina Tahun Anggaran 2014-2015 untuk terdakwa Direktur Ortus Holding, Edward Seky Soeryadjaya, ditunda Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam sidang lanjutan kali ini, seharusnya Edward mendengarkan putusan Majelis Hakim. Tetapi, agenda sidang menjadi pembacaan kesimpulan.

"Hari ini kesimpulan. Harusnya sidang putusan, tapi setelah kita rembukan dengan majelis hakim dan penasihat hukum terdakwa juga, kami sepakat untuk pembacaan kesimpulan dulu," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tasjfirin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018).

Baca Juga: Edward Soeryadjaya Ditahan Kejagung Terkait Kasus Dana Pensiun Pertamina

Pertamina

Mengenai penundaan itu, pakar hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Andi Safrani menilai penundaan pembacaan putusan itu dengan alasan menunggu pleno JPU janggal.

"Saya belum paham dengan istilah pleno Jaksa sebelum putusan. Enggak ada dalam hukum acara soal pleno JPU. Ini mengada-ada," kata Andi dikonfirmasi terpisah.

Andi menjelaskan, pembacaan putusan bisa ditunda jika Hakim memang berhalangan atau terdakwa atau kuasanya atau JPU tak hadir juga. "Jika tidak ada Replik dari JPU dan Duplik dari terdakwa atau kuasanya, ya langsung putusan. Itu tahapan yang jelas ada di KUHAP," tutur dia.

Dalam kasus ini Edward ditetapkan sebagai tersangka karena diduga bekerja sama dengan Muhammad Helmi Kamal Lubis. Dia disangkakan Pasal 2 ayat 1 UU Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP. Ancaman pasal tersebut yakni hukuman 20 tahun penjara.

Kasus ini terjadi pada 2014 saat Edward, yang merupakan pemegang saham mayoritas PT Sugih Energy Tbk (SUGI), berkenalan dengan Helmi. Perkenalan tersebut dimaksudkan untuk meminta agar Dana Pensiun Pertamina membeli saham SUGI.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini