nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Calon Mahasiswa, Simak 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kuliah

Minggu 30 Desember 2018 07:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 29 65 1997508 calon-mahasiswa-simak-5-tips-mengatur-keuangan-untuk-kuliah-8WphPNQ3NR.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Halo, para mahasiswa baru! Sedikit lagi kamu bakal memasuki momen yang sangat ditunggu-tunggu. Yup, apalagi kalau bukan hari pertama kuliah? Tentunya menghadapi momen tersebut kamu merasa benar-benar excited. Namun, sebaiknya kamu tidak terlena karena berhasil masuk di kampus yang diidam-idamkan.

Namanya kuliah pasti ada biaya yang diperlukan. Untuk itu kamu perlu mengatur bujet agar kuliah bisa berjalan lancar. Simak 5 tips mengatur bujet untuk kuliah yang dilansir dari CekAja.com berikut ini:

Cari tahu berapa total biaya yang dibutuhkan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu tentang berapa total biaya yang dibutuhkan. Mulai dari biaya per semester, biaya SKS, hingga biaya untuk ujian dan keperluan sebagainya. Dengan mengetahui berapa total biaya yang dibutuhkan, kamu bakal mudah mengatur rencana bujet untuk kuliah.

Baca Juga: Siap-Siap! Seleksi Mahasiswa Pakai Sistem Baru

Persiapkan biaya tidak terduga

Selain itu, mengingat adanya kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, siapkanlah biaya tidak terduga. Biaya tidak terduga ini meliputi biaya untuk semester pendek karena harus mengulang mata kuliah, biaya administrasi untuk mengurus keperluan tugas-tugas dan sebagainya.

Atur bujet bulanan

Sebagai seorang mahasiswa yang mandiri, sebaiknya mulai atur bujet bulanan untuk kuliah. Perhitungkan berapa pengeluaran dan penerimaan setiap bulan. Coba hitung berapa uang makan setiap harinya, lalu alokasikan sebagian uang untuk biaya tugas-tugas. Jangan lupa juga ongkos pulang-pergi, terutama bagi yang naik kendaraan bermotor dan transportasi umum.

Mahasiswa

Tingkatkan prestasi dan cari beasiswa

Kalau kamu merasa bahwa biaya kuliah cukup membebani orang tua, tetapi masih ingin melanjutkan kuliah. Segera cari beasiswa dan tingkatkan prestasi! Sekarang banyak sekali program beasiswa yang bisa didapatkan. Mulai dari program beasiswa pemerintah, kampus, sampai dengan program beasiswa swasta.

Untuk itu, agar beasiswa dapat kamu raih dan terus berkelanjutan hingga lulus nanti kamu harus meningkatkan prestasi. Minimal IPK yang dimiliki lebih dari 3 kalau ingin dapat beasiswa untuk kuliah.

Gali informasi tentang biaya yang diperlukan tiap semester

Mungkin sekarang kamu sudah merasa bahwa informasi mengenai biaya-biaya kuliah sudah lengkap. Tetapi, tidak ada salahnya untuk terus menggali informasi mengenai biaya-biaya lain yang diperlukan demi menunjang perkuliahan. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada senior ataupun pihak administrasi kampus. Karena terkadang biaya-biaya yang berlaku saat ini bisa berubah di semester berikutnya loh.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini