nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelek Allumunium Lebih Kuat dari Pelek Baja, Ini Pengujiannya

Mufrod, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 15:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 31 15 1998200 pelek-allumunium-lebih-kuat-dari-pelek-baja-ini-pengujiannya-rqe0vyd06f.jpg Pelek alloy saat diuji kekuatan (foto: Ist)

JAKARTA - Kekuatan pelek mobil saat ini memiliki dua material allumiunium dan baja. Kedua bahan ini memiliki campuran bahan yang digunakan untuk memberikan kekuatan maksimal. Lantas lebih kuat mana pelek dengan bahan allumunium atau baja.

Sebuah pengujian membuktikan bahwa kekuatan pelek dengan bahan allumunium lebih kuat dibanding dengan pelek jenis baja. Pengujian dilakukan dengan cara melakukan tekanan menggunakan hidraulik untuk mengetahui kekuatan pelek yang sering digunakan pada mobil.

 

Dari pengujian yang dilakukan pelek allumunium dengan campuran material magnesium dinilai lebih kuat dari pelek dengan bahan baja. Dalam tekanan, pelek allumunium memiliki kekuatan tekanan sebesar 23 ton. sedangkan pelek dengan bahan baja memiliki kekuatan 10 ton saja. Demikian seperti dikutip dari Motor1, Senin (31/12/2018).

 

Pengujian menggunakan hidrolik, terlihat bahan alloy allumunium dan magnesiun mengalami kerusakan setelah mendapat tekanan sebesar 23 ton sedangkan pelek baja langsung rusak saat diberi tekanan 10 ton.

 

Kedua pelek saat uji tekanan, posisinya mendapat tekanan dari atas ke bawah. Dalam pengujian terlihat kedua pelek mengalami kerusakan namun daya tahan pelek alloy lebih besar saat ditekan dibanding pelek baja.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini