nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Polisi di Jateng Dipecat Sepanjang 2018

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 11:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 31 512 1998036 15-polisi-di-jateng-dipecat-sepanjang-2018-9wejlfKjKx.jpeg (Foto : Taufik Budi)

SEMARANG – Polda Jawa Tengah (Jateng) memecat 15 anggotanya karena melakukan beragam pelanggaran sepanjang 2018. Mereka sebelumnya telah menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) dan tersangkut sejumlah kasus pidana.

“Hari ini kita mengimplementasikan hukuman tindakan tegas institusi, memberikan punishment terhadap 15 personel Polda Jawa Tengah yang telah melakukan pelanggaran, baik pelanggaran pidana, narkoba, maupun juga pelanggaran disiplin, desersi,” kata Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono, Senin (31/12/2018).

Menurutnya, polisi yang dipecat itu berasal dari berbagai satuan di Polda Jateng maupun jajaran. Jumlah polisi yang dikenakan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) alias dipecat pada tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu.

“Tahun lalu kita memecat 50 anggota dan tahun ini kita memecat 15. Walaupun ada penurunan, ini menjadi suatu keprihatinan juga bahwa masih ada anggota yang melakukan pelanggaran,” ujar jenderal bintang dua tersebut.

Ilustrasi

Dia mengimbau seluruh personel yang masih aktif bisa mengambil pelajaran atas tindakan tegas institusi Polri. Anggota polisi di lingkungan Polda Jateng diminta meningkatkan disiplin dan kinerja sesuai bidang masing-masing dengan mengedepankan profesionalitas, modern, dan terpercaya.

(Baca Juga : 76 Polisi Aceh Dipecat Gara-Gara Narkoba dan Disersi)

"Adanya pemecatan merupakan bentuk ketegasan Polri dalam memberikan sanksi terhadap anggota yang melakukan pelanggaran. Ini menjadi pembelajaran bagi anggota yang masih aktif agar tidak mengulangi perbuatannya seperti rekan-rekannya (yang dikenakan sanksi PDTH),” pungkasnya.

(Baca Juga : Kapolsekta Banjarmasin Tengah Dicopot karena Kasus Polisi Bebaskan Tahanan)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini