nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terima Berkas Kasus Habib Bahar bin Smith, Kejati Jabar Bentuk Tim Khusus

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 13:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 31 525 1998112 terima-berkas-kasus-habib-bahar-bin-smith-kejati-jabar-bentuk-tim-khusus-PKDwqeg2lN.jpg Habib Bahar bin Smith Datangi Bareskrim Polri (foto: Heru Haryono/Okezone)

BANDUNG - Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, sudah menerima berkas kasus penganiayaan anak di bawah umur yang dilakukan Habib Bahar bin Smith.

"Sudah terima berkas tahap pertama seminggu lalu," ujar Kajati Jabar Raja Nafrijal di kantor Kejati Jabar Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung, Senin (31/12/2018).

(Baca Juga: Sepucuk Surat Habib Bahar untuk Santrinya dari Balik Jeruji Besi) 

Habib Bahar bin Smith Penuhi Panggilan Bareskrim

Namun, berkas tersebut masih harus dipelajari kembali. Dirinya juga belum dapat memastikan, berkas tersebut sudah lengkap atau belum.

"Kalau sudah lengkap kita nyatakan P21, kalau kurang, P18," kata Raja.

Untuk perkara tersebut, pihaknya membentuk tim penelitian jaksa khusus. Bahkan, Kajari Cibinong Bambang Hartoto ditunjuk untuk memimpin tim jaksa.

"Sudah dipersiapkan jaksa. Jaksa itu tim kalau enggak salah diketuai oleh Kajari Cibinong. Jadi Pak Kajari yang menangani," kata dia.

Informasi yang dia terima, kasus tersebut akan diadili di Pengadilan Negeri (PN) Bogor. Namun tidak menutup kemungkinan, perkara tersebut akan ditarik untuk diadili di Bandung.

"Karena menarik perhatian saya dapat indikasi mungkin akan disidangkan di Bandung. Baru indikasi," ucap Raja.

(Baca Juga: Ditahan Seorang Diri, Habib Bahar Lebih Banyak Baca Kitab di Penjara) 

Habib Bahar bin Smith diduga telah melakukan penganiayaan terhada dua remaja berinisial CAJ, 18, dan MKUAM, 17, lantaran mengaku-ngaku sebagai dirinya saat di Bali. Keduanya dianiaya di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin miliknya di Pabuan, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, pada Senin 1 Desember 2018 lalu.

Kini Bahar bin Smith ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan oleh Ditreskrimum Polda Jawa Barat. Polisi menjerat Bahar bin Smith dengan Pasal 170 ayat (2), Pasal 351 ayat (2), Pasal 333 ayat (2), dan Pasal 80 Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan anak.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini