nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim SAR Terus Bergerak Evakuasi Korban Longsor di Sukabumi

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 22:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 31 525 1998407 tim-sar-terus-bergerak-evakuasi-korban-longsor-di-sukabumi-9rmQwd70j3.jpeg Longsor timbun puluhan rumah di Desa Cimapag, Sukabumi (Foto: BNPB)

BOGOR - Satu kampung yang berada di Desa Cimapag, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, tertimbun longsor. Akibatnya, empat orang meninggal dunia dan empat lainnya masih dalam pencarian.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor tersebut terjadi sekira pukul 17.00 WIB sore tadi.

"Hujan deras yang mengguyur sekitar Desa Sirnaresmi menyebabkan aliran permukaan di areal hutan dan persawahan. Jenuhnya air menyebabkan longsor perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng," kata Sutopo, Senin (31/12/2018).

(Baca Juga:  Longsor Timbun Puluhan Rumah di Kampung Cimapag Sukabumi, 4 Orang Tewas)

Longsor

Material longsoran pun menimbun puluhan rumah yang berada di bawah bukit. Empat orang dinyatakan meninggal dunia dan empat orang lainnya masih dalam proses pencarian tim SAR gabungan.

"Ada 34 rumah kampung adat bagian bawahnya yaitu di Kampung Cimapag tertimbun longsor. Data sementara 8 orang tertimbun, 4 meninggal dunia dan 4 korban lainnya masih pencarian," jelasnya.

(Baca Juga: Rumah di Purwakarta Tertimbun Longsor, 4 Warga Tewas & 5 Luka Berat)

Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan upaya evakuasi korban yang belum ditemukan.

"BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban. Pendataan masih dilakukan untuk memastikan jumlah korban dan rumah tertimbun longsor," tutup Sutopo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini