nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda CR-V Menag Lukman Hakim Mogok, Ini Penjelasannya

Mufrod, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 09:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 01 15 1998689 honda-cr-v-menag-lukman-hakim-mogok-ini-penjelasannya-OhP1LVS6JP.JPG Lukman Hakim (Foto: Ist)

JAKARTA - Sebuah postingan sosial media milik Menteri Agama Lukman Hakim, yang menyebutkan hari pertama 2019, diawali dengan kejadian yang merepotkan karena mobil yang dikemudikannya mogok di SPBU.

Dalam postingan tersebut juga disebutkan, mobil Honda CR-V milik Lukman Hakim mogok, lantaran perangkat aki yang sudah tidak bisa menyalurkan daya listrik untuk membantu menghidupkan mesin.

loading...

Dari model mobil yang digunakan, Honda CR-V pribadi Menag tersebut merupakan model terbaru keluaran 2017. Idealnya mobil tersebut tentu tak mengalami masalah yang serius. Namun jika masalah aki seperti yang diungkapkan Menag, bisa dipastikan mobil tersebut jarang digunakan ataupun mesinnya dihidupkan.

 

Jika kondisi terminal aki tidak terawat dengan baik, bisa sebabkan pasokan listrik yang tidak stabil. Padahal untuk mesin injeksi yang berteknologi modern membutuhkan aliran listrik yang stabil saat start pertama.

"Saat arus listrik tidak stabil dan mobil sulit distarter pertama kali, kondisi ini bisa menyebabkan perangkat elektronik kontrol unit dan sensor terganggu," ungkap Sofyan mekanik bengkel Pandu mobil kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Pada kondisi mesin mobil tidak dinyalakan maka sistem pengisian aki tidak akan maksimal, sehingga arus aki menjadi bermasalah. Kondisi ini sering disebut dengan aki tekor. Untuk menyalakannya harus dibantu dengan cara jumper.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini