nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teror Pergeseran Tanah Intai Warga Bekasi

Wijayakusuma, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 18:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 01 338 1998666 teror-pergeseran-tanah-intai-warga-bekasi-vem6ovlcVq.jpg Pergeseran Tanah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI - Musibah longsor dan tanah bergeser seperti yang pernah terjadi di Kota Bogor pada 2018 lalu, kini meneror masyarakat Kota Bekasi. Sedikitnya tercatat ada dua wilayah yang mengalami longsor serta pergeseran tanah hingga puluhan meter.

Wilayah yang mengalami longsor berada di RT 05 RW 04, Kelurahan Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan panjang kurang lebih 50 meter dan lebar 5 meter.

(Baca Juga: Selain Kesalahan Pembangunan, BNPB Ungkap 2 Penyebab Lain Amblesnya Jalan Gubeng) 

Pergeseran Tanah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone)	Pergeseran Tanah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone)

"Ada 13 pintu kontrakan milik warga setempat, Wardi yang terdampak longsor, serta 13 KK yang lantainya mengalami keretakan," kata Wakil Ketua Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Karsono kepada Okezone, Selasa (1/1/2019).

Menurutnya, kontrakan tersebut terancam ambruk akibat adanya pergeseran tanah. "Satu rumah kontrakan milik Wardi terancam ambruk dan hanyut akibat pergeseran tanah yang disebabkan penyusutan air sungai yang terjadi pada hari ini," ujarnya.

Pergeseran Tanah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone)Pergeseran Tanah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone) 

Sementara fenomena tanah bergeser terjadi di Perumahan Kemang Pratama 1 Jalan Ekspres Raya RT 02 RW 03, meliputi RW 24 Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. "Pergeseran tanah tanggul kali Bekasi hingga menuju ke jalan perumahan sepanjang 100 meter," sambungnya.

(Baca Juga: Jembatan di Pangandaran Ambles Terkikis Air Sungai) 

Saat ini, lanjut Karsono, pihaknya tengah mencari penyebab terjadinya fenomena yang juga pernah terjadi di beberapa wilayah tanah air. Sementara satu keluarga terdampak dikabarkan sudah mengungsi akibat musibah tersebut.

"Memang sejak 1 Desember 2018 kemarin ada pekerjaan di sepanjang 70 meter. Kita sekarang sedang cari sebab penyebab lainnya," pungkasnya.

Pergeseran Tanah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone)Pergeseran Tanah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini