nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asyik Bermain Air, 2 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Parangtritis

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 00:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 01 510 1998727 asyik-bermain-air-2-wisatawan-terseret-ombak-di-pantai-parangtritis-QEp3UXwPRe.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

BANTUL - Nekat mandi di pantai saat gelombang besar, dua wisatawan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terseret ombak. Beruntung keduanya masih bisa diselamatkan oleh tim SAR yang berjaga.

Agil Sutopo (19) dan Ismiyati (29) warga Ngemplak, Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah, hampir terseret ke tengah laut saat bermain air dan gelombang di sekitar palung. Petugas sudah beberapa kali mengingatkan kepada pengunjung untuk tidak mandi di laut. Termasuk kepada kedua korban yang tidak mengetahui karakteristik pantai selatan Jawa. Dimana banyak terdapat palung di sekitar pantai yang arusnya cukup deras.

 (Baca juga: Terseret Arus Sungai, 2 Bocah Ditemukan Tewas)

dd

Gelombang besar sempat menarik Agil ke tengah. Melihat kejadian ini, Ismiyati berusaha menolong namun malah ikut tertarik ke tengah. Beruntung kejadian ini diketahui oleh petugas SAR yang langsung menolong ke dua korban dan bisa membawanya ke tepi.

“Ada dua yang sempat terseret ke tengah, tetapi berhasil diamankan petugas. Keduanya selamat,” kata Humas Kantor Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto, Selasa (1/1/2019).

 (Baca juga: 51 Orang Jadi Korban Tenggelam di Jambi Sepanjang 2018)

Dalam menyambut libur natal dan tahun baru 2019 Kantor Basarnas Yogyakarta melaksanakan pengamanan di sejumlah obyek wisata, khususnya di kawasan pantai. Mereka ditempatkan di Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo bersama dengan Ditpolairud Polda DIY dan SAR Linmas wilayah tiga dan relawan SAR lainnya.

Sedangkan Pos Unit siaga Basarnas Gunungkidul, melaksanakan Patroli Mobile dari Panti Sadeng sampai Pantai Baron. Di Kulonprogo Pos unit Siaga Basarnas Congot melaksanakan Patroli dari Pantai Trisik sampai wisata magrove pasir mendit Kulonprogo.

“Kita terus melakukan koordinasi bersama dnegan TNI, Polri, dan SAR lain untuk mengamankan pengunjung obyek wisata,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini