nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PT KAI Prediksi Puncak Arus Balik Natal dan Tahun Baru 2019 Terjadi Malam Ini

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 21:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 01 525 1998711 pt-kai-prediksi-puncak-arus-balik-natal-dan-tahun-baru-2019-terjadi-malam-ini-xr5uGr4Qdu.jpg Penumpang Kereta (Foto: Fathnur/Okezone)

CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon memperkirakan, puncak lonjakan penumpang pada arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru) akan terjadi malam ini, Selasa (01/01/2019). Tercatat, sebanyak 7.988 tiket kereta api sudah habis terjual.

"Pada hari ini, tercatat tiket terjual hingga pukul 15.00 WIB sebanyak 7.988. Kami perkirakan hari ini menjadi puncak penjualan arus balik ke berbagai tujuan dari wilayah Daop 3 cirebon," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardoyo saat dihubungi Okezone, Selasa (1/1/2019).

Kuswardoyo menjelaskan, untuk kepadatan penumpang pada arus balik di masa akhir libur Nataru kali ini relatif merata, apalagi jika melihat posisi Kota Cirebon yang berada di tengah-tengah, baik menuju Jakarta, Bandung atau ke Purwokerto hingga Surabaya.

"Sebetulnya untuk kepadatan arus balik relatif merata di masa Nataru tahun ini, apalagi Cirebon berada ditengah tengah lintas baik ke Jakarta, Bandung maupun ke Purwokerto hingga Surabaya," jelas dia.

Baca Juga: Libur Natal, Tol Japek di Karawang Timur Padat Merayap

Penumpang Kereta

Menurutnya, kepadatan penumpang masih akan terjadi pada keseokan harinya, walaupun tidak sebanyak sekarang.

"Besok hari Rabu tanggal 2 Januari, kami prediksi kepadatan masih akan terjadi, meskipun tidak sebanyak hari ini," katanya.

Kuswardoyo mengaku, untuk tiket yang habis terjual di dominasi oleh kelas Ekonomi, dengan jumlah sebannyak 4.053 tiket. Sedangkan pada kelas eksekutif sudah terjual sebanyak 3.037.

"Tiket kelas ekonomi sebanyak 4.053, sementara kelas eksekutif sebanyak 3.037," ungkap dia.

Dirinya menambahkan, lonjakan penumpang pada arus balik Nataru kali ini mengalami penurunan sekitar 3%, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu bisa terjadi, karena musim libur yang begitu panjang, sehingga puncak arus balik tidak berada pada satu titik hari keberangkatan saja.

"Dibanding tahun kemarin ada penurunan sekitar 3 %, tahun lalu pada masa yang sama tercatat 8.255 penumpang berangkat dari wilayah Daop 3 Cirebon. Hal ini terjadi karena masa liburan yang cukup panjang, sehingga arus balik tidak berada pada satu titik hari keberangkatan," pungkasnya.

Baca Juga: Jalanan Jakarta Lengang di Hari Pertama 2019

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini