nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Guncang Tapanuli Utara, Warga Panik Berhamburan

Robert Fernando H Siregar, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 10:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 01 608 1998515 gempa-guncang-tapanuli-utara-warga-panik-berhamburan-jibhIYO8Qe.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

TAPANULI UTARA - Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, Selasa (1/1/2019) pagi. Warga Kecamatan Tarutung, Ibu Kota Kabupaten Taput pun dibuat panik hingga berhamburan dari rumah mereka.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Sumatera Utara, Edison Kurniawan mengungkapkan, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 06.48 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa lokasi gempa berada pada titik koordinat 2,05 Lintang Utara dan 99,11 Bujur Timur dan berpusat di darat pada jarak satu kilometer arah timur laut Kabupaten Taput pada kedalaman 10 kilometer.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta guncangan (shakemap) BMKG dan informasi yang diterima dari masyarakat, bahwa gempa bumi itu dirasakan III MMI di Kecamatan Sipahutar Taput," ujar Edison kepada Okezone.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya kata dia, gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal di sekitar Kecamatan Sipahutar, Taput. Hingga pukul 07.16 WIB pagi tadi, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Tapanuli Utara diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," tandasnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tapanuli Utara, Yunus C Hutauruk mengklaim, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan kerusakan dampak gempa di wilayah itu.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini