nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sstt.. Ini Bocoran Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Minggu 06 Januari 2019 07:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 04 65 2000009 sstt-ini-bocoran-cara-mendapatkan-beasiswa-kuliah-yNtgYtd6G0.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Tingginya biaya kuliah seakan menjadi momok yang menyeramkan bagi semua orang. Bukan saja bagi calon atau mahasiswa itu sendiri, tapi juga pada orang tua.

Bagi mereka yang mempunyai minat tinggi untuk meneruskan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi namun tidak disokong biaya yang memadai, maka beasiswa adalah harapan. Tingginya peminat menjadikan persaingan yang semakin ketat. Agar jalanmu semakin mulus, maka kami akan bocorkan 3 cara mendapatkan beasiswa kuliah.

Macam-macam beasiswa kuliah pada dasarnya bersumber dari 3 institusi, beasiswa dari universitas, pemerintah, dan swasta. Beasiswa universitas pada dasarnya diperuntukkan bagi mahasiswa yang terdaftar.

 Baca Juga: Kabar Baik, 368.961 Mahasiswa Dapat Beasiswa Bidikmisi

Untuk mendapatkan beasiswa ini ada standarisasi nilai yang ditetapkan oleh pihak kampus. Setiap kampun mempunyai standarisasi yang berbeda. Cari tahu berapa nilai standar di kampusmu agar bisa mendapat beasiswa ini. Jika nilaimu sudah memenuhi standar, segera hubungi pihak Tata Usaha untuk mendapatkan kejelasannya.

Kedua adalah beasiswa yang berasal dari pemerintah. Secara umum yang berhak mendapatkan beasiswa ini adalah calon mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang olah raga, seperti atlit yang mewakili daerahnya atau tergabung dalam timnas dan mewakili Indonesia di kancah dunia.

Bisa juga yang mempunyai keterbatasan fisik namun handal di bidang akademis, atau yang tinggal di daerah terpencil dan mempunyai nilai yang sangat baik atau yang terkendala biaya dengan catatan nilai akademisnya sangat cemerlang.

Terakhir adalah beasiswa dari perusahaan swasta. Bisa saja kamu mengajukan beasiswa pada perusahaan orang tua atau mencari tahu kira-kira perusahaan mana yang biasa memberikan beasiswa.

 Baca Juga: Berburu Beasiswa dari Berbagai Negara di 5 Benua, Berminat?

Dengan kemampuan akademismu yang mumpuni jangan malu untuk mengetuk pintu tiap perusahaan agar diberikan beasiswa. Kamu bukan sedang mengemis. Setiap perusahaan ada kewajiban untuk membantu daerah sekitarnya atau biasa disebut Coorporate Social Responsibility atau CSR, dan memberikan beasiswa bisa jadi salah satu kanal CSR mereka.

Setelah mengetahui sumber-sumber beasiswa, berikut akan dijelas 3 cara mendapatkan beasiswa kuliah tersebut seperti dikutip cekaja, Jakarta, Minggu (6/1/2019).

Cara Pertama, Lihat dengan jeli peluang yang ada. Sebagai contoh, kamu adalah seorang atlit. Telah mewakili daerah di ajang nasional bahkan telah maju ke event internasional membawa nama Indonesia. Apalagi kamu mendapatkan medali, maka kamu bisa saja mengajukan beasiswa pada pemerintah atau bahkan perusahaan swasta.

Cara ini sering digunakan oleh pelajar di Amerika Serikat yang mempunyai talenta atletik untuk mendapat beasiswa. Namun beasiswa yang mereka incar adalah dari universitas yang mendukung cabang olahraga yang mereka geluti.

Nantinya mereka akan menggawangi tim dari kampus tersebut. Meski jalurnya terbalik, di Amerika mengedepankan bakat atletik terlebih dahulu, baru kemudian ada nilai standar akademis yang dibutuhkan. Intinya seorang atlit berbakat berhak mendapatkan beasisw.

Cara Kedua, penuhi standar nilai akademis yang dibutuhkan. Tetapkan poin nilai yang kamu harus penuhi dengan target di atas rata-rata. Tidak ada kata “Setengah-setengah” dalam mencapai beasiswa ini.

Ada ribuan orang yang menginginkan beasiswa yang sama dengan dirimu. Untuk itu jangan terlena dengan nilai bagus yang sudah kamu peroleh. Bagus saja tidak cukup, harus Sempurna. Maka teruslah belajar.

Cara Ketiga, maksimalkan internet di tanganmu. Sudah tidak jaman lagi internet yang kamu gunakan hanya dihabiskan untuk bermedia sosial atau menonton video streaming. Ada banyak informasi beasiswa yang bertebaran di luar sana.

Gali dan perbaharui terus informasi mengenai beasiswa ini. Jangan diambil pusing kalau kamu dibilang tidak update akan tren terbaru, tapi menangislah sekeras-kerasnya jika kamu terlewatkan satu saja informasi beasiswa yang ada. emoga bocoran cara mendapatkan beasiswa kuliah ini dapat memberi manfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini