nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taliban Rencanakan Perundingan Perdamaian dengan Amerika

Agregasi VOA, Jurnalis · Minggu 06 Januari 2019 08:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 06 18 2000544 taliban-rencanakan-perundingan-perdamaian-dengan-amerika-fsDH0vIMSV.JPG Perwakilan Taliban berencana bahas perdamaian dengan AS (Foto: Reuters)

ISLAMABAD - Kelompok Taliban berencana melakukan perundingan dengan Amerika Serikat (AS) untuk membahas kemungkinan perdamaian antara kedua belah pihak. Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, perundingan dengan Amerika akan dilakukan meski waktu dan tempatnya belum ditentukan.

Zabihullah merespons sekaligus membantah berbagai laporan bahwa para juru runding pemberontak berencana mengadakan perundingan langsung dengan para pejabat Afghanistan di Arab Saudi bulan ini.

Wakil khusus AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad lanjut Mujahid, telah mengadakan perundingan maraton selama dua hari pada pertengahan bulan Desember lalu dengan delegasi Taliban berpengaruh di Abu Dhabi. Di mana utusan Arab Saudi, Pakistan dan negara tuan rumah juga hadir di sana.

Pemerintah Pakistan berhasil mengatur pertemuan di Uni Emirat Arab itu menyusul interaksi awal Khalilzad dengan wakil-wakil Taliban di Qatar.

Taliban

"Tidak ada interupsi dalam proses dialog dengan Amerika karena mengakhiri pendudukan di Afghanistan kini merupakan keharusan bagi mereka (AS)," kata Mujahid, dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (6/1/2019).

Ia menegaskan bahwa jika perundingan gagal mencapai hasil yang diinginkan, maka perang akan terus berlanjut dengan milisi Taliban. "Warga Amerika tidak punya pilihan lain selain keluar dari Afghanistan," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini