nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raja Baru Malaysia Akan Dipilih pada 24 Januari

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 10:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 18 2001373 raja-baru-malaysia-akan-dipilih-pada-24-januari-5hG5fwjrz4.jpg Sultan Muhammad V. (Foto : AFP)

KUALA LUMPUR – Para penguasa negara bagian Malaysia telah sepakat akan menggelar pertemuan khusus untuk memilih Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong yang baru pada 24 Januari 2019. Pertemuan itu akan dilanjutkan dengan pertemuan pada 31 Januari untuk menentukan tanggal digelarnya upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Raja baru.

Kedua tanggal tersebut disepakati enam Penguasa Malaysia pada pertemuan khusus yang diadakan kemarin untuk menerima pengunduran diri Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V.

Penjaga Segel Penguasa, Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad mengatakan, Rapat Khusus Para Penguasa dihadiri oleh enam Penguasa Malaysia.

"Pertemuan itu diadakan di Istana Negara dan dihadiri oleh Penguasa dari Terengganu, Perlis, Negri Sembilan, Johor, Perak dan Kedah,” kata Syed Danial dalam keterangan pers yang dilansir The Star, Selasa (8/1/2019).

(Baca Juga : Menikah dengan Ratu Kecantikan Rusia, Raja Malaysia Pilih Turun Tahta)

"Sultan Pahang tidak hadir karena dia tidak sehat dan Sultan Selangor saat ini di luar negeri.”

Dalam pertemuan itu juga disepakati bahwa Wakil Yang di-Pertuan Agong, Sultan Perak Nazrin Muizuddin Shah akan melanjutkan perannya sampai Raja baru dan wakilnya dipilih dalam Konferensi Penguasa. Dia akan menjalankan fungsi dan memiliki hak istimewa dari Yang di-Pertuan Agong selama posisi itu belum diisi Raja baru.

(Baca Juga : Kerajaan Malaysia Akan Pilih Raja Baru Empat Pekan Lagi, Seperti Ini Tata Caranya)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini