nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Lencana Polisi dan Damkar secara Ilegal, Mendagri Italia Tuai Kritik

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 12:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 08 18 2001444 pakai-lencana-polisi-dan-damkar-secara-ilegal-mendagri-italia-tuai-kritik-qOv5KkgWMv.jpg Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini. (BBC)

ROMA – Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini mendapat kritik karena dianggap telah melanggar kode berpakaian dengan mengenakan kemeja yang memiliki emblem atau lencana dinas pemadam kebakaran dan kepolisian. Selain melanggar undang-undang Italia, pakaian Salvini juga dianggap sebagai sebuah sikap tak hormat terhadap kedua dinas pemerintah itu.

Salvini mengatakan bahwa pakaian itu dipilihnya sebagai bentuk dukungan untuk kedua dinas tersebut. Namun, lawan politik Salvini, seperti penulis Roberto Saviano, menuduhnya sedang melakukan pencitraan dengan mengenakan pakaian-pakaian itu. Bahkan Saviano mengatakan tindakan itu menunjukkan Salvini tidak menghormati seragam kepolisian dan dinas pemadam kebakaran.

loading...

Tidak hanya mengundang kritik, gaya pakaian yang dikenakan Salvini ternyata juga melanggar undang-undang Italia.

Menurut Pasal 498 Undang-Undang Pidana Italia, mengenakan bagde atau seragam petugas publik seperti polisi dan pemadam kebakaran adalah tindakan ilegal.

Pelanggaran atas perbuatan yang diulangi berkisar antara 154 euro sampai 929 euro (sekira Rp2,5 juta sampai Rp15 juta).

Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Salvini. (Foto : BBC)

Tindakan Salvini yang secara sengaja melanggar aturan tersebut bahkan membuat berang serikat petugas pemadam kebakaran Italia yang menuntut Salvini dihukum.

"Anda tidak bisa membuat orang percaya bahwa mereka ada di hadapan seorang polisi padahal Anda bukan polisi," demikian disampaikan serikat itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir BBC, Selasa (8/1/2019).

"Mengapa minat menggunakan seragam jika itu tidak diikuti oleh tindakan nyata? Jelas bagi semua orang bahwa kami, dinas pemadam kebakaran, dicintai oleh semua orang, belum diberi satu euro tambahan dalam anggaran tahun depan dan kami terjebak dengan kontrak yang tidak teratur,” tambah pernyataan itu merujuk pada pemotongan anggaran publik yang diputuskan Salvini.

(Baca Juga : Menteri Sayap Kanan Italia Tuai Kecaman Gara-Gara Sambangi Israel)

Salvini menepis semua kritik tersebut. Dia mengatakan, pakaiannya itu adalah sumber kebanggaannya.

"Bagi saya untuk menerima hadiah jaket dan lencana dari pasukan keamanan adalah sumber kebanggaan!" Kata Salvini dalam sebuah posting di Facebook.

(Baca Juga : Erupsi Gunung Etna di Italia Berlangsung Berpekan-pekan)

"Ini adalah pengakuan atas pekerjaan yang telah kami lakukan beberapa bulan terakhir ini, dan dukungan saya bagi mereka yang mengenakan seragam.”

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini