nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Mobil Penumpang, Kendaraan Barang Akan Gunakan Teknologi Otonom

Mufrod, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 17:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 09 15 2002119 tak-hanya-mobil-penumpang-kendaraan-barang-akan-gunakan-teknologi-otonom-dPvArWOSzX.jpg Mobil angkut barang teknologi otonom (foto: Carscoops)

LAS VEGAS - Teknologi otonom di masa depan tak hanya memudahkan para pemilik mobil yang bisa bersantai sepanjang perjalanan. Kendaraan angkutan barang juga rencananya akan dimudahkan dengan teknologi ini.

Pada sebuah pameran Consumen Electronic Show (CES) sebuah kendaraan van atau pengangkut barang bernama Newton tampil dalam acara tersebut. Mobil yang dikembangkan dari model Ford Transit Connect tersebut terbilang cukup canggih.

 

Meski memiliki tampilan layaknya mobil konvensional pada umumnya, namuan kemampuan Newton ini akan menjadi kendaraan yang mampu diandalkan untuk melakukan pengiriman barang kepada konsumennya.

Dalam pengiriman tersebut, truk akan mengantarkan barang sesuai dengan rute tujuan serta alamat pelanggan yang memesan barang tanpa menggunakan sopir. Van akan dapat menampung hingga 32 pesanan pelanggan pada satu waktu dan setiap pelanggan hanya akan memiliki akses ke pesanan mereka sendiri.

Udelv juga telah mengembangkan aplikasi ponsel cerdas baru untuk van dan menawarkan sistem operasi jarak jauh canggih yang memungkinkan operator memantau armada mereka dari jarak jauh dan mengendalikannya saat dibutuhkan.

 

Setiap Newton akan dilengkapi dengan sistem penggerak otonom Tingkat 4 yang memungkinkan mereka untuk melaju dengan kecepatan hingga 60 mph (96 km / jam). Van akan dapat melakukan perjalanan hingga 1.036 mil persegi (1.036 kilometer persegi) dari basis operasi mereka - seperti toko atau pusat distribusi - dan mereka dapat berkendara sendiri di jalan-jalan kota dan pinggiran kota serta jalan raya.

Newton merupakan mobil angkutan barang generasi kedua, dimana sebelumnya mobil otonom generasi pertama telah dioperasikan dan telah melayani sebanyak 1.200 pengiriman di San Fransisco Bay. Demikian seperti dikutip dari Carscoops Rabu (9/1/2019).

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini