nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Bermesin Diesel Akan Lebih Banyak Minum Minyak Sawit 30 Persen

Mufrod, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 10 15 2002543 mobil-bermesin-diesel-akan-lebih-banyak-minum-minyak-sawit-30-persen-qwUs8sULrg.jpg Penerapan B30 di Indonesia (foto: Ist)

JAKARTA - Industri automotif saat ini terus mendukung kebijakan pemerintah terhadap penggunaan minyak sawit pada bahan bakar solar mesin diesel. Penerapan mandatori tersebut sudah dilakukan tahun lalu.

Produsen automotif sendiri telah melakukan beberapa penyesuaian teknis dengan memberikan perangkat tambahan di mesin untuk bisa menyesuaikan spesifikasi dengan bahan bakar B20 yang telah diterapkan pemerintah untuk dipasarkan di Indonesia.

Ditengah polemik penggunaan B20 yang dikeluhkan berpengaruh pada kondisi serta penggantian komponen seperti filter dengan usia pakai lebih cepat. Pemerintah tahun ini akan kembali mengeluarkan aturan mandatori penggunaan B30.

 

Meski aturan tersebut akan dilakukan pada 2020, saat ini B30 tengah dilakukan uji coba dan melakukan kesiapan terhadap aturan tersebut nantinya.

“Peraturan yang sekiranya ke luar pada 2019 baru akan dijalankan tahun depan. Untuk saat ini B30 pada dasarnya sudah dilaksanakan uji coba,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridha Mulayana di Jakarta.

Sayangnya saat ini industri automotif sendiri telah dipacu untuk meningkatkan standar euro4 untuk produksi mobilnya. Meski standari euro4 baru akan diberlakukan pada 2021 untuk mesin dieselnya.

 

Ketua umum Gaikindo Yohannes Nangoi sendiri berharap pemerintah juga bisa melakukan uji jalan untuk B30 sesuai dengan standar euro4. Agar spesifikasi yang saat ini dijalankan industri automotif bisa selaras.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini