nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Fitur Keselamatan Aktif & Pasif di Mobil

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 07:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 10 15 2002814 mengenal-fitur-keselamatan-aktif-pasif-di-mobil-ueTSP3g6t2.jpg Fitur keselamatan pedestrian protection pada Mitsubishi Xpander yang aman untuk pejalan kaki (foto: Ist)

JAKARTA - Produsen automotif belakangan ini selalu konsen terhadap keselamatan seluruh konsumennya. Berbagai fitur keselamatan yang terdapat di dalam mobil terus berkembang untuk meminimalisir dampak risiko yang merugikan penumpang maupun pengemudi.

Di dalam mobil sendiri, terdapat dua fitur keselamatan yang sering ditemui yakni fitur aktif dan pasif. Kedua fitur ini memiliki peran yang sama penting dan sangat membantu pengemudi maupun penumpang saat kecelakaan terjadi.

 

Fitur keselamatan aktif bekerja sebelum atau mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan ini bekerja secara kompurterisasi, sebelum mobil hilang kendali atau akan menabrak. Adapun fitur-fitur keselamatan aktif adalah Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA).

Sedangkan fitur keselamatan pasif bekerja ketika mobil terkena benturan atau kecelakaan. Ada banyak fitur pasif, beberapa di antaranya adalah Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

 

Mobil dengan keamanan tinggi menurut Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI, Boediarto sangatlah penting dan menjadi hal utama yang harus dimiliki sebuah produk. Sehingga tak hanya mengutamakan kenyamanan serta desain menarik serta mesin yang andal.

Komitmen itulah yang juga menjadi perhatian Mitsubishi Motors sambung Boediarto, dimana seluruh produk mobil yang dipasarkan Mitsubishi di Indonesia sudah memiliki berbagai fitur keselamatan.

Salah satu produk yang sudah memiliki keunggulan teknologi keamanan cukup tinggi yakni Xpander yang telah memiliki fitur Emergency Stop Signal, Hill Start Assist, juga ASC atau Active Stability Control. Tak hanya itu teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) menjadi salah satu fitur keselamatan utama untuk meminimalisir risiko bagi pengemudi dan penumpang.

 

Teknologi RISE ini merupakan kesatuan antara body dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah (depan, belakang, samping). untuk meminimalisir kerusakan dan menjaga penumpang dalam kabin tetap aman. Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar.

Selain itu, ada juga fitur Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini