nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri India Berencana Tempatkan Lansia untuk Hidup Bersama Sapi di Panti Jompo

Indi Safitri , Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 11:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 18 2002964 menteri-india-berencana-tempatkan-lansia-untuk-hidup-bersama-sapi-di-panti-jompo-FOzdzHB7Ew.jpeg Foto: AFP.

NEW DELHI – Seorang menteri di Delhi, India, berencana untuk membuat panti jompo di mana sapi dan orang-orang lanjut usia (lansia) bisa hidup berdampingan dalam satu ruang. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat menikmati tahun-tahun emasnya dan hari tua bersama.

“Gagasan eksperimental ini akan melihat panti jompo di bangun di tempat di mana penampungan ternak saat ini sedang dimodernisasi di Ghummanhera, Delhi, tempat sapi dan para lansia akan hidup berdampingan, saling menjaga satu sama lain,” kata Menteri Pembangunan Delhi, Gopal Rai, sebagaimana dilansir RT pada Jumat (11/1/19).

loading...

Meskipun sapi dianggap suci di India, mereka dapat ditinggalkan ketika mereka bertambah tua dan tidak lagi menghasilkan susu. Mereka akan ditinggalkan ke jalan-jalan kota.

“Ketika seekor sapi sudah mengering, orang-orang meninggalkannya dan dia berakhir di gaushala (tempat berlindung sapi). Demikian pula, manusia yang juga ditinggalkan dan dikirim ke panti jompo, bahkan oleh keluarga kaya. Jadi, kami telah memutuskan bahwa unit di Ghummanhera akan menjadi gaushala sekaligus juga rumah hari tua,” kata Rai.

Rai menjelaskan rencana untuk membuka tempat perlindungan sapi paling maju di daerah tersebut yang juga akan menjadi rumah bagi manusia, di mana para lansia akan ditemani sapi.

“Lahan seluas 18 hektar akan dialokasikan untuk rencana ini,” tambahnya, seperti dikutip oleh Siasat Daily.

Sejumlah negara bagian India lainnya juga baru-baru ini membuat kebijakan baru seputar sapi, misalnya Negara Bagian Madhya Pradesh yang mengumumkan pembentukan kementerian sapi pada musim gugur lalu.

Sebuah sensus ternak 2012 menemukan ada lebih dari 12.000 sapi liar di Delhi, dan lima juta di seluruh negeri. Setiap bulan, sekira 600 sapi ditangkap di Delhi dan dikirim ke lima tempat penampungan.

Ide yang tidak biasa dalam menggabungkan tempat penampungan sapi dan rumah untuk para lansia itu telah menuai kritik. Beberapa percaya bahwa pengaturan tersebut merupakan cara untuk mengeksploitasi penduduk lansia untuk merawat ternak, sehingga menghemat biaya untuk mempekerjakan lebih banyak staf.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini