nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Hal yang Harus Dilakukan Fresh Graduate dengan Status Karyawan Baru

Minggu 13 Januari 2019 07:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 12 65 2003621 6-hal-yang-harus-dilakukan-fresh-graduate-dengan-status-karyawan-baru-p4TORYxsEp.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Menyandang status baru sebagai karyawan tentu merupakan hal yang sangat membanggakan bagi para fresh gradute. Beragam perasaan mulai dari senang, bangga, bahkan tak jarang perasaan khawatir juga sering dirasakan oleh mereka yang sangat menanti momen untuk memasuki dunia kerja. Namun tak banyak yang mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk memasuki dunia kerja profesional. Berikut Qerja.com akan memaparkan 6 cara untuk mengawali karir Anda sebagai karyawan baru.

Ubah Pola Pikir

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merubah pola pikir. Ada yang mengatakan bahwa dunia kerja merupakan the real jungle. Ya, dunia kerja sangat berbeda dengan dunia yang Anda kenal selama masa perkuliahan. Anda harus memahami bagaimana pola pikir sebagai karyawan dan melihat sesuatu hal bukan lagi dari kacamata mahasiswa namun dari kacamata seorang profesional. Sebagai karyawan baru Anda dituntut memiliki pola pikir yang inisiatif, inovatif, dan kuat. Maka mulai lah rubah pola pikir anda layaknya seorang profesional.

kerja

Terbuka Terhadap Hal-Hal Baru

Sebagai karyawan baru, tentu Anda harus mempelajari hal-hal baru seputar tanggung jawab pekerjaan bahkan mungkin lebih dari itu, terkadang Anda dituntut untuk menguasai skill yang mungkin diluar bidang ilmu Anda. Anda harus siap untuk menjadi fast learner, menerima dan mempelajari hal baru juga baik untuk pengembangan diri dan juga explorasi potensi Anda yang mungkin selama ini “mati suri”. Keterbukaan diri terhadap sesuatu yang baru juga akan membantu Anda untuk menghindari shock culture dalam dunia kerja. Hal-hal baru di dunia kerja pofesional itu mengasikan untuk dipelajari. Jadi yuk, persiapkan diri utuk keluar dari zona nyaman Anda.

Management Waktu

Anda tidak lagi bisa bermain-main dengan perkerjaan layaknya seorang mahasiswa yang mengerjakan tugas asal-asal dengan pertimbangan “yang penting selesai”. Dunia kerja yang penuh dengan deadline, mengharuskan Anda utuk bisa melakukan manajemen waktu. Hal ini perlu agar pekerjaan Anda dapat selesai sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Buatlah note mengenai pekerjaan apa yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Jika anda telah bisa memahami tentang skala prioritas dan manajemen waktu yang baik, maka dapat dipastikan karir Anda akan berjalan baik dengan ke depannya. Buatlah note mengenai pekerjaan apa yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Jika anda telah bisa memahami tentang skala prioritas dan manajemen waktu yang baik, maka dapat dipastikan karir Anda akan berjalan baik dengan ke depannya.

Disiplin

Sebagai seorang karyawan, Anda dituntut untuk menunjukan performa yang bagus dan membuktikan kepada perusahaan bahwa mereka tidak salah memilih Anda dari puluhan bahkan mungkin ratusan kandidat lain yang menginginkan posisi Anda sekarang. Disiplin merupakan salah satu kata kunci kesuksesan. Poin ini tidak boleh luput dari perhatian anda. Menanamkan sikap disiplin dalam diri Anda dengan mampu menunjukan bahwa anda seorang yang memegang komitmen. Contoh nya dengan datang tepat waktu, memakai outfit yang sesuai dengan peraturan perusahaan adalah hal kecil untuk berlatih disiplin terhadap diri sendiri, tidak susah bukan?

kerja

Pahami Seluk-beluk Perusahaan

Perusahaan yang sedang Anda jajaki sekarang tentu memiliki visi, misi yang menjadikan nya menjadi perusahaan incaran Anda. Selamat, sekarang Anda telah menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Mengetahui visi dan misi perusahaan dapat menjadi panduan anda dalam bekerja. Walaupun dari awal pertama anda menerima pekerjaan tersebut untuk menduduki posisi tertentu namun, jadi jangan hanya terpaku pada job desk inti Anda.

Cintai Pekerjaan Anda

Bekerja sesuai passion tentu merupakan dambaan setiap orang, namun jika Anda ternyata mendapatkan pekerjaan yang diluar passion anda. Jangan bersedih, karena hal itu akan menurunkan kinerja Anda kedepannya. Jika mencintai pasangan butuh waktu berminggu-minggu dengan perjuangan keras mulai dari berkenalan sampai jadian, maka mencintai pekerjaan Anda harusnya hanya butuh waktu 1 jam. Mengapa? Karena, Anda telah melalui perjuangan yang sangat keras untuk mendapatkannya.

Karirmu di tentukan dari caramu memulai hari pertama kerja, yuk mulai dengan enam langkah di atas dan gapai karir cemerlangmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini