nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temukan CVR Lion Air, 25 Pasukan Dislambair Diliburkan 2 Minggu

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 19:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 14 337 2004390 temukan-cvr-lion-air-25-pasukan-dislambair-diliburkan-2-minggu-Zka7AgXW0X.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono memberikan apresiasi kepada 25 Prajurit TNI AL yang berasal dari Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair). Penghargaan itu diberikan setelah mereka berhasil kotak hitam berjenis CVR milik Pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, pihaknya memberikan libur selama dua minggu setelah mereka seminggu bertarung menerjang derasnya ombak bawah laut untuk mencari benda berwarna oranye tersebut.

"Karena tadi kalian sudah mengerjakan dinas yang luar biasa, selama tujuh hari bekerja, siang dan malam di tengah laut, maka kalian akan mendapatkan libur selama dua minggu," kata Yudo disambut tepuk tangan di Posko JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (14/1/2019).

 (Baca juga: CVR Ditemukan, Jokowi Harap Penyebab Jatuhnya Lion Air PK-LQP Terungkap)

lio

Terkait hadiah lainnya, kata Yudo, pihaknya belum bisa membeberkan lebih detail kepada awak media. Sebab, dirinya harus mendiskusikan terlebih dahulu dengan pimpinannya.

"Nanti kita ajukan, itu yang menentukan komandan atas dalam hal ini panglima TNI," kata dia.

 (Baca juga: KNKT Sebut Proses Unduh Data dari CVR Lion Air Memakan Waktu 1 Jam)

Pada penemuan CVR, orang yang pertama kali menemukan benda berwarna oranye adalah salah satu anggota Dislambair TNI AL Koarmada 1 Serda Satria Margono Susanto, dengan gabungan tim bersama tim Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI dan KNKT.

"Soalnya kemarin dari KNKT warnanya oranye. Nah setiap warna oranye ya kita angkat aja karena jarak pandang maksimal kami terbatas. Ternyata itu CVR," kata dia.

 ss

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini