nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir di Sukabumi, BPBD: Akibat Bendungan Tersumbat

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 06:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 14 525 2003984 banjir-di-sukabumi-bpbd-akibat-bendungan-tersumbat-yxOPAa9Of4.jpg Ilustrasi Banjir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dampak diguyur hujan sejak siang hingga malam, delapan kelurahna yang ada di Kota Sukabumi dikepung banjir. Minggu 13 Januari 2019.

Selain derasnya hujan diperparah dengan luapan beberapa sungai dan drainase, akibatnya beberapa pemukiman warga lumpuh lantaran digenangi air.

loading...

"Banjir yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti meluapnya air sungai, bendungan tersumbat dan drainase yang kurang berfungsi," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Akhdar Somali kepada wartawan, Senin (14/1/2019).

Akhdar melanjutkan wilayah yang terdampak banjir seperti di Kampung Kebojati RT 5 dan RT 6, RW 06, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole wilayah tersebut imbas adari luapan sungai Cileles.

Baca Juga: Tanggul Sungai Cibandung Jebol, Warga Sukabumi Kebanjiran

Sukabumi

Selanjutnya, banjir terjadi di Kelurahan Sriwidari, Kecamatan Gunung Puyuh yang juga disebabkan pendangkalan Sungai Cibandung akibatnya ruang kelas dan halaman SMK AMS dan Gang Titiran terendam banjir.

Hal serupa, banjir juga dapat ditemui di Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, air setinggi 50 cm mengenangi kantor Dishub denhan.

Di Sungai Cisuda juga meluap yang menggenangi permukiman warga di RW 10 Kelurahan Nangeleng, Kecamatan Citamiang yang mengakibatkann 50 rumah warga yang ada di RT 04, 05 dan 09 terkena luapan air tersebut setinggi sekitar 70 cm.

Selain rumah warga, banjir di daerah tersebut juga merendam warung, kios, PAUD Al Muhtar juga terendam dan juga merusak sawah dan kolam ikan milik warga.

Baca Juga: Pernah Terjebak Macet 6 Jam, Alasan Jokowi Instruksikan Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi

Sukabumi

Di Kelurahan Sukakarya RT 02/0 Kecamatan Warudoyong, kemudian belakang makam Taman Bahagia di Kecamatan Warudoyong puluhan rumah pun terendam banjir. Dan terakhir di Kampung Kopeng Kaler, Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh beberapa rumah pun terencam banjir.

BPBD sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memberikan bantuan dan menanggulangi bencana banjir ini.

Selain itu relawan pun sudah berada di lokasi terdampak banjir. Namun belum diketahui berapa jumlah kerugian akibat bencana ini.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini