nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosok Tony Prasetyantono di Mata Rektor UGM

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Kamis 17 Januari 2019 12:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 17 65 2005680 sosok-tony-prasetyantono-di-mata-rektor-ugm-sXN9aYAdZ1.jpg Tony Prasetiantono (Foto: Youtube)

JAKARTA - Kabar duka datang dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Sosok Guru Besar Tony Prasetyantono meninggal dunia pada Rabu 16 Januari 2019.

Duka pun turut menyelimuti Rektor UGM Panut Mulyono. Baginya, Toni bukan hanya seorang pengajar, tetapi juga pengamat ekonomi yang kritis dan produktif.

“Almarhum Dr. A. Tony Prasetyantono merupakan pengamat ekonomi yang kritis dan produktif menulis di media massa,”ujarnya kepada Okezone, Kamis (17/1/2019).

Baca Juga: Tim Biologi UGM Ungkap Penyu Mati Bukan karena Plastik

Selain itu, Panut juga menyampaikan bahwa sosok Tony juga seorang pecinta musik dan promotor UGM Jazz yang gigih dengan semboyan ‘tiket murah pertunjukan berkualitas’.

Sebelum meninggal dunia, Tony Prasetiantono diketahui masih aktif mengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Selain menjadi pengajar dan ekonom, dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia di 2006.

Tony juga pernah menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Permata sejak 2011. Pernah juga menjadi Komisaris Independen Bank Mandiri pada 2003-2005.

Dalam karier pendidikannya, Tony meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1986, gelar Master of Science dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat pada tahun 1991 dan gelar PhD dari Australian National University, Canberra pada tahun 2005.

Baca Juga: 47 Dosen UGM Telah Tersertifikasi

Ucapan duka cita juga disampaikan oleh beberapa pejabat dan tokoh pemerintah. Mulai dari Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Saya akan kenang sesi-sesi bersama kita. Perdebatan kita. Kehilangan besar bagi Indonesia. Selamat jalan kawan,"cuit Chatib Basri.

"Nderek belo sungkowo. Sugeng tindak mas Tony. Ekonom dan Pengajar UGM Tony Prasetiantono Berpulang," cuit Ganjar Pranowo dalam twitternya.

Menurut informasi yang diterima Okezone, sampai Saat ini, jenazah berada di Jakarta dan direncanakan akan dimakamkan di Yogyakarta pada hari ini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini