nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IKA UNS Salurkan Beasiswa kepada Mahasiwa Tak Mampu

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 22:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 18 65 2006533 ika-uns-salurkan-beasiswa-kepada-mahasiwa-tak-mampu-msHxjn2EuM.jpeg IKA UNS Berikan Beassiswa kepada Mahasiswa Tak Mampu (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) menyelenggarakan penggalangan dana untuk memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu di lingkungan UNS. Upaya ini dimaksudkan membantu peran pemerintah dalam memberikan bantuan di dunia pendidikan.

Penggalangan dana berasal dari sumbangan alumni yang tergabung dalam melalui Yayasan IKA UNS. Dana yang terkumpul pun mencapai Rp400 juta yang telah diserahkan kepada pihak kampus melalui acara Charity & Gala Diner Fund Rising For IKA Foundation.

Pemberian dana dilakukan oleh Ketua Umum IKA UNS Budiharto kepada Rektor UNS Ravik Karsidi. Selain sumbangan dana dari alumni,  dalam acara tersebut penggalangan dana juga dilakukan dengan melelang 10 lukisan karya alumni UNS.

"Kita berikan dana ini sebagai beasiswa pada mahasiswa yang kurang mampu. Ini menjadi tahun kedua program ini berjalan. Melakukan pembiayaan hal yang positif kepada almamater," kata Budiharto dalam sambutannya di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Sementara, Ravik Karsidi menyatakan apresiasi kepada para alumni UNS yang terus memberi perhatian kepada kampus. Dia menjelaskan, mahasiswa bidik misi memang ditanggung penuh pendidikanya oleh pemerintah, namun itu selama 4 tahun.

Oleh karena itu, kampus menyediakan beasiswa bagi mahasiswa bidikmisi yang perlu memerlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pendidikannya. Dana beasiswa itu, salah satunya melalui IKA UNS.

"Kami batasi maksimum tambahan 2 semester saja beasiswa tambahannya, supaya memicu lulus tepat waktu," katanya dalam kesempatan yang sama.

Ada pula mahasiswa yang tak menerima beasiswa bidik misi, namun memiliki permasalahan ekonomi, maka beasiswa pun diberikan oleh kampus. "Jadi ada bantuan untuk penyelesaian studinya baik untuk mahasiswa S1 maupun Diploma," kata dia

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini