nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa dan Sekolah yang Minat Ikut SNMPTN, Wajib Isi Data PDSS

Mulyani, Jurnalis · Sabtu 19 Januari 2019 19:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 19 65 2006749 siswa-dan-sekolah-yang-minat-ikut-snmptn-wajib-isi-data-pdss-p6G3N6d5tA.jpg Foto: Okezone

JAKARTA – Setiap tahun, ribuan siswa baik lulusan SMA atau SMK sibuk berebut kursi di perguruan tinggi yang mereka inginkan, khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Oleh karena itu, serangkaian persiapan sangat dibutuhkan baik oleh pemerintah maupun sekolah.

Untuk bisa masuk ke PTN, terdapat beberapa tes masuk yang harus diikuti oleh siswa, salah satunya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Kemudian, menanggapi jadwal SNMPTN yang tinggal menghitung bulan lagi, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan informasi tentang sekolah-sekolah yang belum mengisi data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan bagian dari SNMPTN.

“Dari sekolah yang terdaftar di PDSS sebanyak 27.057, diketahui sekolah yang sudah mengisi data sebanyak 13.662 dan sekolah yang belum mengisi data sebanyak 13.395 sekolah. Adapun jumlah sekolah yang sudah finalisasi sebanyak 1327 sekolah dan jumlah siswa yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 50.978 siswa,” menurut keterangan tertulis dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, Kemristekdikti, Sabtu, (19/1/2019).

LTMPT mengimbau kepada sekolah dan siswa yang belum melakukan pengisian data dan verifikasi diharap segera melakukan pengisian data dan verifikasi sebagaimana yang diatur dalam mekanisme SNMPTN 2019.

Selanjutnya, para siswa juga diharapkan memperhatikan tahapan berikutnya yakni pendaftaran SNMPTN 2019 yang telah dijadwalkan pada 4 -14 Februari 2019.

Adapun pemeringkatan peserta SNMPTN 2019 akan dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pada tahap pendaftaran ini siswa dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau masing-masing satu prodi dari dua PTN.

Daftar program studi dan daya tampung pada SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman snmptn.ac.id selama periode pendaftaran. Bagi peserta SNMPTN yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga diwajibkan mengunggah portofolio.

LTMPT juga mengingatkan bahwa peserta yang mengikuti SNMPTN 2019 tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN 2019 sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

(Baca juga: Mengenal Kredit Pendidikan di Indonesia, Apa Syarat dan Ketentuannya?)

Adapun pengumuman SNMPTN 2019 akan dilakukan pada tanggal 23 Maret 2019. Bagi siswa pendaftar yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini