nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Nilai Kredit Mobil DP 0% Cukup Berisiko

Mufrod, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 10:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 21 15 2007140 toyota-nilai-kredit-mobil-dp-0-cukup-berisiko-4h8IIhnkMU.jpg Pameran automotif GIIAS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aturan uang muka atau Down Paymen (DP) kendaraan bermotor roda dua dan empat yang digulirkan pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendapat tanggapan dari Toyota.

Secara langsung Anton Jimmy, Direktur Pemasaran PT TAM menilai pihaknya tengah mengkaji secara dalam terkait rencana aturan DP 0% untuk kendaraan khususnya mobil. Meski dalam aturan tersebut hanya akan diberikan kepada leasing yang memiliki kinerja baik atau memiliki kredit macet di bawah 1 persen.

 

"Kita tetap akan mendukung dan mengikuti program pemerintah jika hal tersebut akan diberlakukan, namun Toyota dan jaringan dilernya tentu akan membuat program yang harus disesuaikan dengan rencana penetapan DP 0% tersebut," jelas Anton, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, aturan tersebut terbilang aman, namun dirinya menyebut berapa banyak perusahaan pembiayaan yang memiliki prestasi kredit macetnya dibawah 1%. Karenanya perlu ada kajian matang yang tidak hanya dilakukan para produsen automotif juga perusahaan pembiayaan agar tidak berisiko besar.

 

Penerapan DP 0% sendiri dikhawatirkan akan menimbulkan stagnansi penjualan mobil, karena dampak risiko terjadinya kredit macet lebih besar.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak OJK untuk membatalkan POJK tentang kredit 0% untuk mobil dan sepeda motor itu. Alasan di antaranya karena dinilai akan mengakibatkan banyak sekali rumah tangga miskin yang semakin miskin karena pendapatannya tersedot untuk mencicil kredit sepeda motor.

 

Hal itu juga dinilai bakal memicu kredit macet karena gagal bayar oleh nasabah. YLKI juga menyatakan, aturan itu akan meningkatkan kemacetan di Jakarta, sebab mendorong masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor pribadi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini