nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dihadapan Perwira Seskoal, Mensos Jelaskan Cara Tangani Daerah Pasca Bencana

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 22:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 22 65 2008052 dihadapan-perwira-seskoal-mensos-jelaskan-cara-tangani-daerah-pasca-bencana-0Y2Kjeyww9.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTAMenteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan kuliah umum kepada 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Dikreg Seskoal) Angkatan Ke-57 TA. 2019 yang terdiri dari 138 Pasis TNI AL, 2 masing-masing TNI AD dan TNI AU, Pasis Negara Sahabat dari Australia, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, Korea Selatan, Jepang, Thailand, mahasiswa umum Program Seat In Seskoal dan seluruh prajurit serta PNS Seskoal, berlangsung di Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, hari ini.

Didampingi Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, Mensos Agus Gumiwang  memberikan kuliah umum dengan tema ‘Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam’.

Baca Juga: Mensos Ajak Generasi Milenial Jadi Pelopor Perdamaian

Adapun materi kuliah umum yang diberikan oleh Agus antara lain, Jenis Bencana dan Bidang Tugas di Kemensos RI, Pentingnya Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat, Nota Kesepahaman, Pembagian Tugas dalam Klaster Nasional Bidang Penanggulangan Bencana, Program Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Peran Kementerian Sosial dalam Penaggulangan Bencana.

Kemudian, Potensi Penanggulangan Bencana Alam, Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2010 Tentang Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Perkembangan dan Spesialisasi Tagana, Operasi Penaggulangan Bencana Tahun 2018, Kampung Siaga Bencana, Tujuan KSB, Kegiatan dan Komponen Pembentuk KSB.

“Sesuai arahan Presiden meminta agar Kementerian Sosial meningkatkan kualitas program kampung-kampung siaga bencana,” ungkap Mensos, dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Jangan Merasa Jadi Warga Kelas Dua

Menurutnya, Kemensos sendiri dalam tiga tahun terakhir ini ada Program Kampung Siaga Bencana. Program Mitigasi yang melibatkan masyarakat di daerah dan Pemda.

Sementara Tugas Kemensos menentukan wilayah dan kampung mana yang akan disentuh program tersebut. Kampung-kampung yang dianggap rentan terhadap bencana baik gempa, tsunami, banjir, longsor. Arahan Presiden agar program-program seperti itu ditingkatkan dan diperluas.

Sementara itu, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. mengatakan terimakasih atas kehadiran Menteri Sosial dan memberikan Kuliah Umum memberikan pencerahan dan pengetahuan mengenai ‘Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam’.

“Diharapkan semoga materi yang diberikan dapat dipedomani oleh para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019, para prajurit dan PNS Seskoal serta para mahasiswa yang mengikuti program Seat In Seskoal,” katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini