nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir 1,5 Meter Rendam Pekalongan, Prajurit TNI Dikerahkan Evakuasi Korban

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 27 Januari 2019 12:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 27 512 2009971 banjir-1-5-meter-rendam-pekalongan-prajurit-tni-dikerahkan-evakuasi-korban-bHNYfgwztW.jpg Banjir rendam hampir seluruh wilayah di Pekalongan (Foto: Taufik/iNews)

PEKALONGAN - Sebagian besar Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), terendam banjir setelah hujan deras mengguyur sejak, Sabtu 26 Juni 2019, sore. Salah satu daerah terdampak paling parah adalah Kecamatan Pekalongan Utara dan Pekalongan Timur, hingga setinggi 1,5 meter.

Mengetahui adanya banjir di wilayahnya, Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha langsung memerintahkan jajarannya untuk membantu evakuasi warga yang terdampak banjir. Koramil 19/Pekalongan Utara langsung turun ke lapangan mengevakuasi warga.

(Baca Juga: 215 Warga Pekalongan Mengungsi Imbas 2 Sungai Meluap)

Salah satu Babinsa Sertu Alexius yang berada di lokasi banjir menerangkan, banjir yang terjadi di wilayah Pekalongan Utara ini akibat hujan lebat selama berjam-jam. Akibatnya air Kali Loji meluap hingga ke perkampungan.

"Hampir seluruh wilayah Pekalongan Utara terdampak banjir, dengan ketingian air bervariasi, dan yang paling parah adalah di Dukuh Bugisan Kelurahan Panjang Wetan dengan ketinggian air mencapai kurang lebih 1,5 meter," ujarnya, Minggu (27/1/2019).

Hingga saat ini, Kodim 0710/Pekalongan terus mengerahkan bantuan personel untuk membantu evakuasi warga yang hendak mengungsi daerah yang lebih aman.

"Untuk sementara pengungsi yang sudah berada di pengungsian antara lain berada di Kantor PMI kurang lebih 100 orang, dan di GOR Jetayu kurang lebih 76 orang. Dimungkinkan jumlah pengungsi akan bertambah karena banjir juga belum surut," ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini