nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalur Kereta yang Tergerus Banjir di Batang Diperbaiki

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 27 Januari 2019 15:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 27 512 2010028 jalur-kereta-yang-tergerus-banjir-di-batang-diperbaiki-VxoeEUVYQP.jpg Petugas dengan alat bantuan menambal batu fondasi rel yang tergeru banjir di Batang, Jateng. Foto: Okezone/PT KAI

BATANG – Jalur kereta api yang tergerus banjir di Batang, Jawa Tengah diperbaiki oleh petugas PT Kereta Api dibantu basrnas Jateng.

Saat ini banjir berangsur surut dan tak lagi merendam jalur rel.

"Kurang lebih pukul 15.00 WIB kedua jalur bisa dilalui semua," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Minggu (27/1/2019).

Foto/Okezone 

Dia mengaku memantau langsung di lokasi untuk memastikan perbaikan jalur rel berjalan baik. Titik yang terendam banjir antara stasiun Batang-Ujungnegoro km 76 +1/8.

Baca: Perjuangan Anak Sekolah Sebrangi Jembatan Putus Akibat Air Bah 

Baca: Tolong Cucu saat Banjir di Gowa, Nenek Nur Janna Akhirnya Meninggal Dunia

Genangan banjir itu awalnya diketahui masinis kp/2722B (semen) pada Sabtu 26 Januari pukul 23.42 WIB, di km 76+1/8 petak jalan Batang-Ujungnegoro.

Foto/Okezone 

Petugas menambal rel yang tergerus dengan karung berisi batu-batuan kricak. Selain itu, juga diterjunkan mesin agar proses perbaikan berjalan cepat.

Sebelumnya diberitakan, di lokasi banjir, pukul 00.20 WIB, petak jalan Batang - Ujungnegoro km 76+0/4 dan km 76+1/8 jalur hulu (arah Surabaya) dinyatakan tidak bisa dilewati untuk operasional KA.

"Jalur KA terendam air sedalam 50 sentimeter di atas kop rel. Kemudian pada pukul 02.28 WIB jalur hilir ada gogosan km 76+2/4 (4 titik panjang ± 4 m)," terangnya.

Foto/Okezone 

Terdapat 11 perjalanan KA yang terganggu akibat banjir. Belasan KA itu melaju baik dari arah barat maupun timur. Sehubungan banjir tersebut, operasional perjalanan KA direncanakan dialihkan rutenya dengan jalan memutar melalui Tegal, Purwokerto, Jogya, Solo, Kedungjati, Brumbung, Semarang, dan sebaliknya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini