nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda PCX Listrik Meluncur, Era Tren Motor Masa Depan Dimulai

Mufrod, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 14:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 31 15 2011917 honda-pcx-listrik-meluncur-era-tren-motor-masa-depan-dimulai-hXg6WnqHpF.jpg (Foto: Mufrod/Okezone)

JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) memulai tren kendaraan sepeda motor masa depan dengan meluncurkan PCX listrik untuk pasar automotif nasional. Meski model ini tidak dijual untuk konsumen umum, kehadiran PCX listrik telah menandai dimulainya tren kendaraan listrik di Indonesia.

Honda PCX listrik akan hadir sebagai produk yang akan memenuhi kebutuhan pasar khusus melalui konsep penyewaan bagi berbagai perusahaan. Kegiatan penyewaan ini akan dimulai pada kuartal pertama 2019 di beberapa kota besar Indonesia.

Langkah tersebut dilakukan sebagai tahap awal yang dilakukan Honda untuk menjadi landasan bagi pasar PCX listrik yang lebih luas lagi, khususnya bagi konsumen di Tanah Air di masa mendatang.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda PCX Electric adalah salah satu perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor, sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini, sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik.

 

“Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Inuma.

PCX Electric ini menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal.

Honda PCX Electrix menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah, dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm @500 rpm. Unit daya yang kuat dan ringkas sanggup menjaga suhu sepeda motor serta mengontrol aliran listrik secara lancar dan presisi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak diperlukan.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

 

Honda PCX Electric memiliki jarak sumbu roda lebih panjang, dipadu dengan hugger belakang, untuk mengakomodasi dua baterai ditempatkan pada ruang bagasi, namun tetap memberikan ruang optimal untuk pergerakan roda belakang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini