nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Trik Agar Anak Magang Bisa Langsung Kerja

Sabtu 02 Februari 2019 07:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 01 65 2012554 5-trik-agar-anak-magang-bisa-langsung-kerja-DCElAalIeM.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Di akhir masa kuliah Anda diminta untuk magang di perusahaan. Dengan begitu Anda bisa belajar banyak dan terlatih menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

Maka, Anda akan memilih perusahaan terbaik yang bisa memberi banyak manfaat untuk perkembangan karier di masa mendatang. Kalau bisa, Anda langsung bekerja di perusahaan tersebut setelah lulus nanti.

Namun, pada kenyataannya, Anda tidak mendapat jaminan apapun saat magang di perusahaan. Anak magang selalu mendapat pekerjaan yang mudah. Bahkan, ketidakmampuan anak magang untuk beradaptasi dengan cepat bisa membuat mentor merasa jengkel.

 Baca Juga: Anak Magang Ingin Jadi Karyawan? Coba Lakukan 5 Hal Ini!

Meski begitu, Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan magang. Anda harus menunjukkan diri dengan bekerja keras agar dapat dipandang sebagai calon pegawai terbaik yang berada di daftar paling saat perusahan membutuhkan tenaga kerja.

Dengan begitu, ketika masa magang Anda berakhir, manajer akan mengatakan, ”Kembalilah ke perusahaan ini saat Anda lulus nanti.”

Berikut adalah cara-cara jitu agar anak magang bisa langsung mendapatkan pekerjaan seperti dikutip Qerja, Sabtu (2/2/2019).

 

1. Datang lebih awal, bukan datang tepat waktu

Keterlambatan adalah perihal buruk bagi siapa pun, terutama bagi orang yang hanya magang. Hal itu dapat memunculkan kesan bahwa Anda gagal dalam menghargai waktu, atau tidak mampu datang tepat waktu.

 Baca Juga: Jadi Anak Magang Tak Melulu 'Dikerjai'

Sebagian besar manajer mengharapkan para karyawan datang tepat waktu setiap hari. Tapi, Anda juga sebaiknya tidak menampilkan wajah letih saat tiba di kantor tepat waktu. Maka, sebagai anak magang, sebaiknya, Anda datang lebih awal setidaknya, lima menit lebih awal. Itulah usaha paling sederhana yang dapat dilakukan untuk menunjukkan kepada calon atasan bahwa Anda tentang tanggung jawab dan perhatian pada waktu

2. Ciptakan pekerjaan Anda sendiri

Berdasarkan sifatnya, magang tidak selalu didefinisikan dengan baik. Pikirkanlah: Bagaimana bisa fungsi penting di dalam pekerjaan diisi oleh seseorang yang hanya memiliki sedikit pengalaman kerja dan orang-orang datang dan pergi begitu saja selama semusim? Sadarilah bahwa anak magang tidak mungkin memegang tugas penting.

 Baca Juga: Magang Kamu Berhasil Enggak? Cek 4 Tanda Ini

Memang, perusahaan yang lebih besar dan mapan seringkali memiliki program untuk memastikan orang yang magang memberikan kontribusi dan belajar. Namun, orang yang magang di perusahaan yang lebih kecil biasanya bekerja berdasarkan project-based pekerjaan berbasis kerja proyek.

Jadi, jika Anda magang di perusahaan kecil, maka inilah nasihat bijak: bersedia melakukan tugas apa pun untuk mendapat sesuatu yang diinginkan tidak peduli seberapa kecil tugas itu; ketuk pintu-pintu ruangan; masuk ke dalam setiap ruangan itu; lalu tanyakan kepada setiap orang dan siapa pun, “Apakah ada yang bisa saya bantu?” Mungkin ada seseorang yang memiliki daftar rangkaian tugas yang harus diselesaikan dan tugas lainnya.

 

3. Menunjukkan kemampuan yang belum diakui

Atasan di kantor berharap Anda melakukan pekerjaan seseuai dengan arahan mentor. Namun, Anda harus menyelesaikan tugas dengan baik, lebih dari sekadar tepat waktu dan sempurna. Anda tidak hanya harus memeriksa akurasi hasil pekerjaan dua atau tiga kali. Kalau bisa, Anda menambahkan analisis dan menghubungkan tugas dengan situasi terkait. Oleh karena itu, Anda dapat nilai tambah secara maksimal.

4. Bijak dalam menggunakan ponsel

Anda perlu segera melihat ke masa lalu—masa yang membuat Anda teringat tentang masyarakat bekerja dengan baik. Mereka fokus selama bekerja. Roda perdagangan tampak terus berputar, dan hal ini terjadi sebelum kehadiran smartphone.

Sayangnya, orang-orang zaman sekarang sangat sulit untuk tidak menyentuh ponsel dalam sehari. Namun, apa yang mungkin Anda lakukan? Anda perlu membatasi penggunaan ponsel. Sebaiknya, Anda menahan diri untuk mengunggah sesuatu di Instagram ketika menyelesaikan sebuah tugas, balas pesan teks, dan menelepon pada jam makan siang.

5. Network

Kemampuan berinteraksi melalui jejaring memegang peranan besar untuk Anda yang sedang magang. Kesempatan itu dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi, membuat daftar kontak, dan membuat orang-orang tekesan dengan Anda. Sehingga siapa pun akan menyediakan waktu 30 menit dalam sehari untuk bertemu Anda.

Ingatlah, setelah mendapat tempat magang yang bagus, sekarang tugas Anda adalah menunjukkan kepada atasan alasan untuk bisa terus bekerja di perusahaan. Tunjukkan usaha terbaik dan tekad terbesar Anda. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk memekerjakan Anda.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini