nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Strategi Agresif Renault yang Tak Miliki Pabrik di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Minggu 03 Februari 2019 11:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 03 15 2013166 ini-strategi-agresif-renault-yang-tak-miliki-pabrik-di-indonesia-JTTFwnlvTO.jpg Ilustrasi mobil Renault. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Setelah lepas dari PT Indomobil Group, produsen automotif Renault dalam waktu dekat akan resmi berada di bawah bendera Nusantara Group bernama Maxindo Renault Indonesia. Perusahaan baru yang menaungi Renault di Indonesia ini bakal melakukan langkah agresif di pasar automotif Tanah Air.

Langkah agresif yang akan dilakukan Renault di antaranya meluncurkan model terbaru untuk pasar automotif nasional. Namun seperti diketahui, Renault tidak memiliki pabrik perakitan di Indonesia untuk menghadirkan produk yang jauh lebih murah dibanding metode penjualan dengan cara impor.

Belakangan diketahui, Renault akan mendatangkan produknya dalam bentuk CKD atau komponen terurai. Produk tersebut nantinya dirakit di Indonesia menggunakan fasilitas perakitan umum seperti Gaya Motor yang dimiliki Astra Group.

Ilustrasi mobil Renault. (Foto: Indiana Autos Blog)

Hal itu sebagaimana diungkapkan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Andika yang mengatakan akan ada dua produsen Eropa melakukan perakitan di dalam negeri menggunakan fasilitas yang ada.

"Ada dua merek Eropa yakni Renault dan Volkswagen yang akan memanfaatkan fasilitas perakitan umum yang sudah ada di Indonesia," kata Putu, di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Dengan rencana tersebut, sambung Putu, akan memanfaatkan kekosongan kapasitas perakitan yang ada di Indonesia. Di mana saat ini kapasitas tersebut mencapai 2,2 juta unit, sedangkan yang terpakai baru 1,2 juta unit.

"Kita memiliki kapasitas yang cukup besar, sedangkan yang terpakai belum maksimal, yakni baru 1,2 juta unit dari kapasitas maksimumnya 2,2 juta unit," tutur Putu.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini