nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menristekdikti Sosialisasikan Pembinaan Ideologi Bangsa

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 10:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 05 65 2013889 menristekdikti-sosialisasikan-pembinaan-ideologi-bangsa-Jllx3stDf0.jpeg Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menggelar sosialisasi kepada organisasi kampus terkait Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi ( Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan bahwa pihaknya mengumpulkan kelompok Cipayung plus yang merupakan alumni gabungan dari organisasi HMI, GMNI, PMKRI, PMII, dan GMKI untuk mensosialisasikan Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018.

Baca Juga: Izin Pendirian PTS dan Prodi Dipercepat

"Apa peraturannya, yakni peraturan itu, untuk mengatur bagaimana unit kegiatan mahasiswa pengawal ideologi bangsa bisa kolaborasi antara kampus di perguruan tinggi Indonesia," ujarnya di Gedung Kemristekdikti, Jakarta, Selasa (5/2/2019).

Dia menjelaskan, tujuan sosialisasi itu, supaya wawasan bela negara bisa tertanam bagi masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa. "Maka itu kami akan melakukan sosialisasi dan masih mencari hari nya untuk kegiatan tersebut," tuturnya.

kemristekdikti

Kenapa Kemristekdikti melakukan sosialisasi Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018. Menurutnya selama ini, pihaknya mempunyai mahasiswa di dalam kampus. Di mana mahasiswa ada di luar juga dan bagaimana untuk mengintegrasikan untuk menjadi satu.

"Kemarin yang lapor pada saya HMI, GMNI, PMKRI, PMII, dan GMKI. Bagaimana ini jadi satu, sehingga masuk dalam kampus mengawal ideogi bangsa. Di mana empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila sebagai ideologi negara UUD 45 sebagai dasar negara, NKRI semboyan kita sebagai negara kesatuan dan bhinneka tunggal Ika, ini harus implementasikan kepada anak bangsa mahasiswa," ungkapnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini