nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yamaha Luncurkan Rem Ganda Seperti Milik Honda

Mufrod, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 15:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 06 15 2014370 yamaha-luncurkan-rem-ganda-seperti-milik-honda-TSBB9JszbH.jpg Yamaha Fascino (Foto: YouTube)

NEW DELHI – Produsen Yamaha luncurkan teknologi pengereman ganda yang diberi nama Unfield Braking System (UBS), dimana system pengereman ini menggabungkan rem belakang dengan rem depan secara bersamaan.

Teknologi rem UBS milik Yamaha sendiri sebelumny sudah dikembangkan produsen Honda pada jajaran motor skuter matiknya, rem tersebut diberi nama combi brake system. Cara kerja kedua teknologi tersebut sama dimana kedua rem memiliki porsi sama saat kendaraan tengah berhenti.

Teknologi UBS sendiri memungkinkan pengendara bisa mengaktifkan kedua rem, hal ini untuk membantu salah satu kinerja rem yang biasanya hanya diaktifkan satu depan atau belakang saja. Sistem pengereman ini juga membantu pengendaraa di beberapa kondisi, khususnya saat sepeda motor berhenti di jalan menanjak sehingga penghentian laju sepeda motor lebih maksimal dan minim risiko.

New Fascino

Baca Juga: Generasi Terbaru Nissan Juke "Gendong" Mesin Hybrid

Produsen Yamaha sendiri saat ini baru meluncurkan teknologi tersebut di jajaran sepeda motor yang diluncurkannya di India. Teknologi rem tersebut rencananya akan diaplikasikan di semua jajaran produk Yamaha yang dipasarkan di Negara tersebut. Demikian seperti dikutip dari Indianautosblog, Rabu (6/2/2019).

Yamaha Indonesia sendiri saat masih belum diketahui, apakah akan meluncurkan teknologi rem gabungan tersebut, Mengingat saat ini, pasar Indonesia masih mengutamakan teknologi ABS pada jajaran produknya yang dipasarkan di tanah air.

Teknologi rem Combi Brake dan UBS sendiri dikembangkan untuk memaksimalkan pengereman yang ideal dimana penghenti laju ban belakang dan depan secara bersamaan bekerja seimbang. Sehingga motor dengan maksimal berhenti dengan aman dan mengurangi gaya dorong dari sisa putaran tenaga mesin.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini