nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Calon Tersingkir, Terjaring Tiga Nama Berebut Kursi Rektor UNS

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 17:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 06 65 2014471 dua-calon-tersingkir-terjaring-tiga-nama-berebut-kursi-rektor-uns-0YRjs4YjYz.jpg Kampus UNS (Foto: Dokumentasi UNS)

SOLO - Dua nama calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, tak terpilih dalam proses penyaringan saat sidang senat tertutup yang digelar di Auditorium UNS.

Kedua calon rektor UNS yang gagal dalam penyaringan itu adalah Prof Mohammad Furqon Hidayatullah, Prof Muhammad Nizam.

Praktis, dari lima nama yang sebelumnya terjaring, tersisa tiga nama yang maju dalam tahap selanjutnya. Ketiga nama yang maju ke tahap selanjutnya di pemilihan Rektor UNS untuk masa bakti 2019-2023 itu adalah, Prof Jamal Wiwoho, Prof Sutarno dan Prof Widodo Muktiyo.

Baca Juga:  Bangun Kelenteng, Rektor UNS: Mahasiswa Butuh Spritual agar Seimbang

Ketua Senat UNS Prof Suntoro mengatakan, sebelum dilakukan penyaringan, kelima balon Rektor UNS ini mengikuti Sidang Senat Terbuka dengan agenda pemaparan visi, misi, dan program kerja dari lima Balon Rektor.

"Acara dilaksanakan di Auditorium UNS dimulai pukul 09.00 -12.00 WIB, dihadiri oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari jajaran pimpinan universitas, utusan Menristekdikti yaitu Staf Ahli Bidang Akademik Kemenristekdikti, Prof Paulina Pannen, anggota senat UNS, para bakal calon rektor, dekan dan wakil dekan, ketua jurusan dan ketua program studi, perwakilan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni," jelas Suntoro, Rabu (6/2/2019).

Suntoro menambahkan, setelah sidang senat terbuka, dilakukan penyaringan melalui sidang senat tertutup.

kampus

Dalam sidang senat tertutup yang dilakukan di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa lantai 2 UNS ini diikuti 132 anggota senat UNS yang terdiri dari para guru besar dan anggota senat universitas perwakilan fakultas di lingkungan UNS, pejabat dari Kemenristekdikti dan para Balon Rektor UNS.

"Hasil dari pemungutan suara diperoleh tiga Calon Rektor yaitu, Prof Jamal Wiwoho sebanyak 69 suara, Prof Sutarno sebanyak 40 suara dan Prof Widodo Muktiyo sebanyak 12 suara," terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNS Prof Sahid Teguh Widodo menambahkan bahwa untuk tahap selanjutnya, dari tiga calon rektor UNS tersebut akan dipilih kembali untuk menetapkan satu calon rektor terpilih melalui sidang senat tertutup yang dijadwalkan antara tanggal 13 hingga 30 Maret 2019 dengan menghadirkan Menristekdikti atau pejabat yang ditunjuk.

Sementara itu Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi berharap semoga prosesi pemilihan rektor UNS bisa berjalan dengan lancar.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini