nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepeda Motor Twin Turbo Sudah Ada Sejak Era 70-an

Mufrod, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 07 15 2014916 sepeda-motor-twin-turbo-sudah-ada-sejak-era-70-an-rCbZKyZGbr.jpeg Kendaraan Twin Turbo (Foto: Istimewa)

VARESE - Perangkat turbocharged maupun supercharge lebih banyak diaplikasikan pada kendaraan roda empat dan sangat jarang digunakan pada kendaraan roda dua.

Salah satu produsen sepeda motor ternyata pernah mengembangkan sepeda motor dengan perangkat turbocharge. MV Agusta merupakan produsen yang diketahui pernah mengembangkan sepeda motor dengan perangkat turbo untuk produk motor sportnya.

Bahkan motor tersebut diketahui telah menggunakan dua perangkat turbo yang disematkan pada motor yang pernah diperkenalkannya pada era 70-an. Motor dengan perangkat induksi tenaga tambahan tersebut merupakan versi konsep.

Sayang hingga kini, MV Agusta tidak meluncurkan tunggangan gahar yang pernah dikembangkannya tersebut. Jika berandai MV Agusta meluncurkan motor tersebut, maka akan menjadi tunggangan paling bengis yang pernah ada di era-nya.

Twin Turbo

Baca Juga: Inden Suzuki Jimny Mengular Panjang, Ini Penyebabnya

Diatas kertas motor tersebut memiliki mesin kapasitas 830 Cc inline dengan kompresi cukup besar yakni 12,5:1. Internal mesin juga dirancang tak sembarangan, dimana piston terbuat dari bahan ringan dengan batang penghubung yang terbuat dari titanium.

Menjaga suhu dari kinerja mesin yang dibekali twin turbo, para insinyur MV Agusta juga melapisi setiap perangkat dengan lapisan khusus untuk menjaga suhu komponen tidak cepat panas. Langkah ini membuat mesin motor terhindar dari overhead.

Tak hanya perangkat internal mesin, para insinyur MV Agusta juga menciptakan bodi motor tersebut menggunakan material alumunuium. Uniknya desain bodi dibuat secara hand made.

MV Agusta konsep dengan twin turbo diklaim mampu meletupkan tenaga mesin mencapai 158 tenaga kuda dan kecepatan maksimumnya hingga 186 mil. Hal ini membuktikan sepeda motor di era 70-an telah berkembang sangat pesat dan banyak menghasilkan tenaga mesin besar.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini