Program Pemerintah Jokowi di Sektor Pertanian dan Perikanan Tuai Pujian

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 11:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 07 605 2014731 program-pemerintah-jokowi-di-sektor-pertanian-dan-perikanan-tuai-pujian-C8hDZBYljB.JPG Pembicara Acara Talkshow Rabu Satu (Foto: Ist)

JAKARTA - Rumah Cemara menjadi tempat gelaran perdana Rabu Satu Talkshow, yakni sebuah helatan diskusi ringan yang menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang, komunitas dan mengundang sosok inspiratif. Talkshow perdana ini mengusung tema “Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup”.

Direktur Konten Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK), Fiki Satari memaparkan beragam capaian pemerintah berkaitan dengan alam dan lingkungan hidup. Dalam kesempatan tersebut Fiki menggarisbawahi komitmen dan harapan Jokowi untuk sumber daya alam dan lingkungan hidup Indonesia.

"Ke depan, penguatan tata kelola sumber daya alam, khususnya untuk menjamin ketahanan pangan, pengembangan ekonomi kerakyatan, dan tentunya konservasi lingkungan akan lebih ditingkatkan,” kata dia, Rabu 6 Februari 2019 kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Hamzah selaku perwakilan Paguyuban Tani Sunda Hejo, Garut, Jawa Barat juga berbagi pengalaman selaku masyarakat yang merasakan dampak baik Program Perhutanan Sosial. Program ini menurutnya efektif memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengelola sumber daya alamnya sesuai dengan kearifan lokal.

Talkshow Rabu Satu

Keterlibatan aktif dari warga, termasuk petani perempuan kata dia, juga memungkinkan peningkatan kesejahteraan yang sebelumnya tidak optimal.

"Adanya Program Perhutanan Sosial memungkinkan 35 tahun bagi petani untuk mengelola lahannya dengan tenang. Tanah pun boleh diwariskan, sepanjang tidak disalah-gunakan," ucap Hamzah.

Capaian akses Perhutanan Sosial melesat pesat di bawah kepemimpinan Jokowi. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjukkan, selama kurun waktu tujuh tahun (2007-2014) hanya 0.46 juta ha lahan yang dikelola masyarakat. Angka ini meningkat 450 persen dalam waktu 4 tahun (2015-2018). Lebih dari 267.000 keluarga telah merasakan manfaat program ini.

Sementara itu, Ketua Institut Hijau Indonesia, Chalid Muhammad menyebut, data tersebut jelas menunjukkan keberhasilan dari konsep Program Perhutanan Sosial yang digagas oleh pemerintahan Jokowi. "Solusinya memang pengelolaan hutan oleh masyarakat,” kata Chalid.

Talkshow Rabu Satu

Masih dalam diskusi tersebut, Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Riza Damanik memuji pemerintahan Jokowi yang concern memaksimalkan kekayaan alam laut dan sangat peduli dengan nasib para nelayan.

"Pondasi empat tahun terakhir cukup kuat untuk Indonesia menjadi pemain utama perikanan dunia dan terus terpenuhinya konsumsi domestik karena sumber pangan laut yang abadi,” tutur Riza.

Antusiasme pengunjung Talkshow Rabu Satu terlihat sangat tinggi dengan munculnya beberapa pertanyaan saat sesi tanya jawab dibuka kepada para masyarakat penerima manfaat program pemerintah yang dihadirkan. Sesi tanya jawab tersebut sekaligus menjadi penutup Talkshow Rabu Satu edisi perdana. Kegiatan serupa akan kembali digelar setiap Rabu sore dengan membahas topik-topik menarik lainnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini