nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putrajaya Kecam Insiden Pembakaran Bendera Malaysia di Filipina

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 13:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 08 18 2015274 putrajaya-kecam-insiden-pembakaran-bendera-malaysia-di-filipina-lCElk0azMc.jpg Foto: The Star.

PUTRAJAYA – Malaysia menyatakan mengutuk keras insiden pembakaran bendera negaranya yang terjadi di Filipina bulan lalu. Insiden tersebut dipublikasikan dalam sebuah video melalui akun Facebook “President Pamatong Supporters” pada 19 dan 21 Januari.

"Malaysia mengecam keras tindakan itu dan memandang pembakaran bendera Malaysia sebagai insiden serius.

"Bendera adalah simbol nasional yang sakral dan harus diperlakukan dengan hormat,” demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam pernyataan yang dilansir The Star, Jumat (8/2/2019).

"Tindakan dan komentar anti-Malaysia yang dibuat oleh orang ini menyinggung, dan tuduhan yang dibuat tidak berdasar," lanjut pernyataan itu, merujuk pada Elly Pamatong, tokoh yang muncul sebagai pembakar bendera Malaysia.

Elly Pamatong memproklamirkan diri sebagai pendiri dari Pejuang Kemerdekaan Sekutu Amerika Serikat dari Timur (USAFFE). Dia disebutkan telah membakar bendera Malaysia untuk memprotes kehadiran pasukan penjaga perdamaian Malaysia di Mindanao.

Kementerian Luar Negeri Malaysia meminta pemerintah Filipina untuk mengambil tindakan tegas terhadap Pamatong dan untuk memastikan insiden seperti itu tidak terulang karena mereka berpotensi menodai hubungan bilateral yang bersahabat yang dinikmati kedua negara saat ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini