nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelatihan Cooking Class Caleg Perindo Ajarkan Peluang Usaha untuk Masyarakat

Wijayakusuma, Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 22:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 09 338 2015846 pelatihan-cooking-class-caleg-perindo-ajarkan-peluang-usaha-untuk-masyarakat-qze0ukXWEk.jpg Caleg Perindo gelar Coocking Class (Foto: Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI - Sekarang ini semakin banyak masyarakat yang tertarik ingin berwirausaha, namun minim pengetahuan seputar wirausaha tersebut. Namun kini ilmu tersebut kini bisa didapatkan masyarakat melalui pelatihan wirausaha rumahan dan cooking class yang diadakan calon legislatif (caleg) Partai Perindo.

Seperti yang digelar di Bintara 1, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, dimana caleg Perindo mengajarkan cara mengolah menu-menu favorit masyarakat dengan cuma-cuma. Peserta yang terdiri dari kaum ibu sangat antusias menerima ilmu yang dipraktekkan langsung di lokasi.

"Menunya fried chicken dan martabak manis mini. Banyak diantara peserta yang tertarik dan ingin berwirausaha setelah mendapatkan ilmu ini," kata Henky Eko Sriyantono, caleg DPR RI Dapil Jabar VI (Kota Bekasi-Depok) di Bekasi, Sabtu (9/2/2019).

Menurut pewirausaha sukses itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan peserta jika ingin memulai sebuah usaha. Inilah yang nantinya akan membuat mereka dapat bertahan ditengah persaingan usaha yang ketat.

"Mental berani memulai, modal ilmu dan melakukan segmentasi pasar/target pasar serta harus mempunyai ide bisnis," imbuhnya.

Baca Juga: DPW Perindo Sulut Gelar Fogging dan Donor Darah di Manado

Caleg Perindo

Pria yang akrab disapa Cak Eko itu juga menyoroti sektor UMKM yang masih memiliki beberapa kendala dalam perkembangannya.

"Kendalanya ada di sumber daya serta pemasaran. Untuk itu perlu diberikan pembinaan dan pendampingan agar naik kelas dan tumbuh serta mampu bersaing secara global," tandasnya.

Ditambahkan caleg DPRD provinsi Jawa Barat Dapil VIII (Kota Bekasi-Depok), Dudung Prilaksono, pelatihan cooking class di lokasi berjalan dengan meriah dan dipenuhi antusias peserta.

"Tadi pelatihan berjalan dengan meriah penuh semangat dan antusias dari para peserta," katanya.

Ada pula sosialisasi yang diberikan kepada peserta terkait proses produksi serta pemasaran, yang memang menjadi salah satu poin penting dalam berwirausaha.

Senada dengan Cak Eko, Dudung pun menyayangkan sektor UMKM yang pertumbuhannya cenderung lamban. Karenanya ia mengimbau kepada seluruh pihak terkait agar mendorong laju pertumbuhan UMKM, yang diakui memiliki potensi besar dalam menunjang perekonomian negara.

"Perlu peran semua pihak termasuk pemerintah untuk mendorong UMKM tumbuh dan maju, sehingga akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar," paparnya.

Caleg Perindo

Baca Juga; Ada Warga Terjangkit DBD, Rescue Perindo Langsung Tangkal dengan Fogging

Dudung berharap UMKM di Indonesia khususnya di Jawa Barat bisa terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, hingga akhirnya bisa menjadi barometer perekonomian Indonesia.

"Harapannya tentu saja bisa tumbuh, berkembang dan bisa naik kelas," imbuhnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini