nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembali Luncurkan Awan Panas, Warga Lereng Merapi Diimbau Waspada

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 11:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 11 512 2016251 kembali-luncurkan-awan-panas-warga-lereng-merapi-diimbau-waspada-xtHh1rl4Sr.JPG Gunung Merapi kembali erupsi (Foto: Taufik Budi/Okezone)

SEMARANG – Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas ke arah Kali Gendol. Warga di lereng Gunung Merapi lantas diimbau waspada lantaran guguran lava dan awan panas berpotensi menimbulkan hujan abu.

"Telah terjadi (guguran) awan panas guguran di Gunung Merapi pada pukul 08.58 WIB dengan durasi 35 detik," tulis petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) di akun Twitter resminya @BPPTKG, Senin (11/2/2019).

“Jarak luncur 400 meter, dan arah ke Kali Gendol. Status Waspada,” tambahnya.

Awan panas muntahan Gunung Merapi sebelumnya juga terjadi pada 7 Februari 2019 sekira pukul 18.28 WIB. Jarak luncur hingga dua kilometer ke arah Kali Gendol. Petugas mengamati durasi semburan awan panas cukup lama yakni 215 detik.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida sebelumnya mengatakan, dengan tingkat status Waspada itu, maka radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk dan pendakian. Jika terjadi perubahan aktivitas Gunung Merapi yang signifikan maka statusnya akan segera ditinjau kembali.

Gunung Merapi

"Sehubungan dengan sudah terjadi beberapa kali awan panas dengan jarak luncur yang semakin besar maka masyarakat di sekitar alur Kali Gendol agar meningkatkan kewaspadaan. Guguran lava dan awan panas berpotensi menimbulkan hujan abu," kata dia.

"Masyarakat di sekitar diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi," tutur Hanik.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini