nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Jawab soal Wali Kota Airin Bermotor Tak Kenakan Helm

Hambali, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 22:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 12 338 2017079 polisi-jawab-soal-wali-kota-airin-bermotor-tak-kenakan-helm-wK2IAGSALt.jpg Wali Kota Tangerang Airin (Foto: Instagram)

TANGERANG SELATAN - Foto Wali Kota Airin Rachmi Diany yang tengah dibonceng sepeda motor di daerah Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), menjadi viral. Baik Airin maupun pengemudinya diketahui tak mengenakan helm saat itu, hingga mengundang kritikan pedas warganet.

Foto-foto dan kegiatan itu diunggah oleh salah satu akun instagram. Sejatinya, Wali Kota Airin sendiri memang sedang mengecek keluhan warga tentang kondisi lingkungan di Benda Baru. Airin lantas meninggalkan mobil dinasnya, lalu berpindah menumpang sepeda motor warga menuju ke lokasi.

Sayangnya, perilaku berkendara Wali Kota Airin menuai kritik. Warganet ramai-ramai pertanyakan Airin yang leluasa tak mengenakan helm. Padahal, baru-baru ini ada seorang penjual kopi bernama Adi Saputra (20) yang viral karena ditilang tak mengenakan helm serta melanggar aturan lalu lintas lainnya.

Baca Juga: Bermotor Tanpa Helm, Polisi Didesak Tegur Airin agar Tak "Tebang Pilih"

Polres

Baik masyarakat, maupun pengamat ikut menyikapi foto Wali Kota Airin yang viral tak mengenakan helm itu. Mereka mendesak, agar kepolisian berlaku adil kepada siapapun dalam menegakkan aturan berlalu lintas. Termasuk dengan memberi sangsi tilang ataupun teguran.

Menanggapi itu, Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan menegaskan setiap orang tanpa terkecuali harus mematuhi aturan yang berlaku. Baik masyarakat biasa atau pejabat. Namun tak bisa meninjau dari satu sisi saja, melainkan harus dilihat dari konteks yang lebih luas.

"Yang jelas kalau masalah peraturan itu tidak ada perbedaan. Mau dia masyarakat, mau dia pejabat tidak ada perbedaan, tetap akan dilakukan penindakan. Ya kalau memang pada waktu itu, istilahnya penindakan itu kan bisa peringatan, bisa tilang, seperti itu. Konteksnya bisa juga kita ingatkan," katanya di Mapolres Tangsel, Selasa (12/2/2019).

Baca Juga: Heboh Foto Wali Kota Airin Sidak Bermotor Tanpa Helm

Airin

Namun Kapolres enggan memberi tanggapan lebih luas mengenai kejadian itu. Dia menyarankan, agar wartawan meminta klarifikasi langsung kepada Humas Pemkot Tangsel soal mengapa dan bagaimana hal tersebut dilakukan oleh Wali Kota Airin.

"Begini saja, kalian minta penjelasan ke Pemda, ke Humasnya, apa sih yang menyebabkan kejadian seperti itu. Tentunya kan seorang pejabat publik ada alasan tertentu mengapa bisa terjadi seperti itu," ucap Ferdy.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini