Prabowo Sebut Anggaran Bocor Rp500 Triliun, TKN: Itu Strategi Semburan Hoax!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 07:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 605 2016629 prabowo-sebut-anggaran-bocor-rp500-triliun-tkn-itu-strategi-semburan-hoax-Zh0IojsmRJ.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menganggap calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sedang berbohong, terkait ucapannya tentang anggaran negara bocor sebesar Rp500 triliun.

"Soal kebocoran sebesar Rp500 T setiap tahun itu menurut saya juga terlalu berlebihan dan cenderung sebuah kebohongan. Itu perlu dibuktikan. Hal itu sama saja ingin mengatakan seperempat dari APBN kita telah dikorupsi," kata Juru Bicara TKN, Ace Hasan Syadzily kepada Okezone, Selasa (12/2/2019).

Politisi Golkar itu menegaskan pernyataan Prabowo itu perlu dibuktikan, salah satunya dengan cara melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait bagaimana bentuk kebocoran anggaran yang dimaksud.

"Jangan hanya melemparkan pernyataan yang kontroversial seperti ini," tandas Ace.

 d

Kendati demikian, TKN tidak menutup mata bahwa memang terjadi kebocoran anggaran yang terbukti dengan berbagai temuan KPK dalam bentuk pidana korupsi dan BPK yang menemukan penyimpangan.

Tetapi, kata Ace, dirinya menegaskan bahwa jumlah anggaran yang bocor tidak mencapai Rp500 triliun sebagaimana diucapkan Prabowo.

"Bahwa terjadi kebocoran, memang demikian dan itu terbukti dengan berbagai temuan KPK dalam bentuk pidana korupsi dan BPK yang menemukan penyimpangan. Apakah sebesar Rp500 T? Saya kira tidak," jelasnya.

 ssd

Ace lalu menyinggung strategi semburan hoaks yang karib disebut firehose of falsehood. Prabowo, kata dia, kembali memainkan strategi tersebut demi menarik perhatian publik.

"Di lihat dari prespektif strategi komunikasi politiknya, apa yang disampaikan Prabowo ini konsisten menjadi bagian dari firehose of falsehood. Prabowo dengan menyatakan seperti itu ingin menarik perhatian publik," ujarnya.

"Prabowo melemparkan pernyataan yang kontroversial dan bombastis seperti ini, selalu tidak diikuti dengan solusi apa dan tawaran program apa untuk mencegahnya. Itu khas dari strategi semburan hoax itu," tutup Ace.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini