Dilaporkan ke Bawaslu, Ridwan Kamil Buka Suara

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 17:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 605 2016943 dilaporkan-ke-bawaslu-ridwan-kamil-buka-suara-Os6Dy1ILUP.jpg Ridwan Kamil (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan penjelasan terkait dengan dirinya yang dilaporkan oleh Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena dugaan kampanye di luar jadwal.

Menurut Ridwan Kamil, acara yang digelar pada Sabtu, 9 Februari 2019 itu terbagi menjadi dua, yakni yang pertama adalah acara peringatan Hari Lahir NU yang ke-93, dan yang kedua acara deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'aruf Amin dari relawan Jokowi Garut (Jogar).

Pada saat menghadiri acara deklarasi, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa dirinya diundang sebagai tokoh Jawa Barat, bukan sebagai pejabat. Sedangkan, pada acara yang pertama, ia hanya hadir dan tidak memberikan pidato.

“Itu saya klarifikasi kegiatannya itu kan terbagi dua. Satu harlah NU, kedua ada deklarasi. Itu di panggungnya jelas ada nomornya berarti memang acara itu dari awal adalah acara deklarasi,” ujar Ridwan Kamil saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

“Saya juga tidak pidato di acara yang pertama kan. Acara pidatonya ada di acara deklarasi, kapasitasnya juga MC menyebut tokoh Jawa Barat enggak bawa jabatan,” tambahnya.

Ridwan Kamil

Baca Juga: Sowan ke Ma'ruf Amin, Ridwan Kamil: Minta Doa dan Doakan Beliau

Ridwan Kamil pun menegaskan kalau acara tersebut digelar pada hari Sabtu, sehingga ia meyakini bahwa tindakannya tidak menyalahi aturan. Namun, ia juga memahami bahwa dimasa Pilpres banyak resiko yang harus ditanggungnya.

“Jadi saya taat aturan datang di hari weekend. Tidak bicara di yang formal, bicaranya di acara deklarasi yang memang posternya sebesar itu di panggung. Jadi ya semua paham. Cuma hari ini saya paham apapun yang dilakukan ya mungkin orang iseng-iseng saja bikin tafsir kemudian dilaporkan ke Bawaslu. Saya kira itu resiko ya,” terang Ridwal Kamil.

Sekadar diketahui, menurut pelapor Ridwan Kamil menghadiri peringatan hari lahir ke-93 NU dan Muslimat NU, di Lapangan Merdeka Kerkop, Kabupaten Garut, Sabtu (9/2/2019). Acara tersebut digelar bersamaan dengan deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'aruf Amin dari relawan Jokowi Garut (Jogar).

Ridwan Kamil

Baca Juga: Polisi Siapkan Pengamanan 4 Lapis Jaga Debat Capres 17 Februari

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini