Warga Dapat Edukasi Peluang Usaha di Pelatihan Cooking Class Caleg Perindo

Wijayakusuma, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 04:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 12 606 2016609 warga-dapat-edukasi-peluang-usaha-di-pelatihan-cooking-class-caleg-perindo-mVd7wC1imx.jpg Foto: Wijayakusuma/Okezone

BEKASI - Calon legislatif (caleg) Partai Perindo mengedukasi warga di RT 10 RW 09 Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui pelatihan wirausaha rumahan dan cooking class. Pelatihan ini mengajarkan warga cara mengolah menu-menu favorit masyarakat, yang sekaligus bisa dijadikan peluang usaha.

"Menu hari ini membuat fried chicken dan martabak manis mini. Pesertanya kurang lebih 75 orang yang seluruhnya ibu-ibu PKK. Mereka sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir dan ikut terlibat praktek secara langsung," kata Henky Eko Sriyantono, caleg DPR RI Dapil Jabar VI (Kota Bekasi-Depok) di Bekasi, Senin (11/2/2019).

Ada beberapa peserta pelatihan yang sebelumnya sudah merambah dunia usaha dan semakin tertarik untuk memperluas usahanya menjual menu yang diajarkan di pelatihan.

"Mereka termotivasi untuk menambah jenis jualannya setelah mendapatkan ilmu resep rahasia membuat martabak manis mini dan fried chicken," ujar pria yang biasa disapa Cak Eko itu.

 sd

Pelatihan ini sendiri terbilang sangat efektif dalam mencetak bibit-bibit wirausaha dari kaum ibu, sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

"Tentu aangat efektif mencetak bibit wirausaha, karena mendapatkan ilmu dan termotivasi untuk dapat mandiri secara ekonomi di keluarganya," tegasnya.

Ditambahkan caleg DPRD provinsi Jawa Barat Dapil VIII (Kota Bekasi-Depok), Dudung Prilaksono, peserta yang hadir sangat bersemangat selama mengikuti pelatihan memasak. Interaksi yang terjalin pun cukup kental antara peserta dengan caleg Perindo.

"Interaksi sangat bagus, mereka aktif karena ingin bisa dan mendapatkan ilmu secara langsung," katanya.

Beberapa peserta ada yang mengusulkan untuk diajarkan menu lainnya yang juga tak kalah favorit, agar produk yang dihasilkan untuk usaha lebih beragam dan disukai pembeli.

"Ada peserta yang ingin belajar menu lain juga, seperti bakso, brownies, donat dan lainnya," ujar Dudung.

 sd

Ia juga memberikan sedikit tips bagi para peserta yang ingin memulai berwirausaha rumahan, yang bisa dimulai dengan modal kecil.

"Yang harus dimiliki itu mental dan keberanian untuk memulai, serta ide bisnis yang sesuai dengan target pasar," imbuhnya.

Untuk masyarakat yang juga ingin memulai berwirausaha namun masih memiliki beberapa kekhawatiran, Dudung memberikan beberapa imbauan.

"Mulai saja dari yang kecil dan jangan terlalu banyak ide, sehingga usaha bisa dijalankan dengan fokus," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini