Bawaslu Banten Temukan Pengiriman Surat Suara Tidak Dikawal Polisi

Rasyid Ridho , Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 16:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 606 2017431 bawaslu-banten-temukan-pengiriman-surat-suara-tidak-dikawal-polisi-Fb64Tazqgp.jpg Distribusi surat suara (Rasyid Ridho)

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten menemukan bahwa dalam proses distribusi surat suara pemilu 2019 tidak dikawal aparat kepolisian.

Komisioner Bawaslu Banten, Nuryati Solapari mengatakan, dalam proses pendistribusian surat suara di tingkatan DPRD Kota Serang, DPRD Provinsi Banten dan DPR RI, tidak dilakukan pengawalan oleh polisi. Padahal, pengawalan harus dilakukan sejak surat suara keluar dari percetakan.

"Dari hasil pengawasan pendistribusian surat suara tingkatan DPRD Kota Serang, Provinsi Banten, dan DPR RI yang diterima, bahwa dalam proses pengiriman tidak dilakukan pengawalan oleh pihak kepolisian," kata Nuyati Solapari saat berbincang dengan wartawan, Rabu (13/2/2019).

Sejauh ini, pihak kepolisian hanya mengawal mobil pembawa surat suara sejak keluar dari gerbang tol Serang Timur, bukan dari percetakan. "Kalau itu kan bukan pengawalan, tapi penunjuk jalan," ucapnya.

Contoh surat suara Pemilu. (Arif Julianto/Okezone)

Selain itu, Bawaslu Banten menemukan adanya segel berupa stiker di mobil boks yang membawa surat suara DPRD Kota Serang dan DPRRI dari percetakan ke gudang KPU Kota Serang dalam kondisi rusak.

"Saat kita tanyakan kepada penyedia rusak karena kondisi cuaca. Tapi, pengamanan berupa gembok tidak rusak," ujarnya.

(Baca Juga : OSO: Kalau soal Infrastruktur Jangan Ditanya Lagi, Cacing Pun Tahu Jokowi Orangnya)

Sejauh ini, pihaknya sudah melaporkan temuan tersebut kepada Bawaslu RI untuk dilakukan kordinasi dengan KPU RI guna memperbaiki prosedur pengamanan pendistribusian surat suara.

"Evaluasinya bukan lebih membaik tapi malah tidak membaik. Terbukti pada awal pengiriman didampingi penyedia, tapi yang tahapan ketiga tidak dikawal. Hanya sopir saja," tutur Nuryati.

Untuk diketahui, jumlah surat suara tingkat DPRD Kota Serang yang sudah diterima KPU sebanyak 470.570 lembar, DPRD Provinsi Banten 471.567 lembar dan DPRRI 470.567 lembar.

(Baca Juga : 2.298 Kotak Suara di Cirebon Rusak Terendam Banjir)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini