nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

56 Mobil Tanpa Sopir Iring-Iringan Pecahkan Rekor Dunia

Mufrod, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 11:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 14 15 2017782 56-mobil-tanpa-sopir-iring-iringan-pecahkan-rekor-dunia-VeZEkcf5p9.jpeg Mobil otonom China (Foto: Ist)

TIONGKOK - Teknologi mobil otonom yang saat ini belum menjadi trend bagi konsumen di dunia, membuat produsen mobil China Changan Automobile membuat gebrakan dengan memecahkan rekor dunia.

Pemecahaan rekor tersebut dilakukan dengan cara menjalankan 55 mobil otonom secara beriringan sejauh 2 mil. Parade mobil otonom ini dimaksudnya untuk memperlihatkan amannya teknologi otonom pada mobil.

Dalam iring-ringan tersebut, Changan membuat jarak tak lebih dua bodi mobil. Kondisi ini melebihi kondisi jalan raya yang memiliki jarak aman lebih dari dua mobil untuk mobil berteknologi otonom.

 

Meski mengusung teknologi otonom, namun setiap mobil ditempatkan satu pengemudi yang bertuga mengambil alih mobil jika terjadi sesuatu yang bisa membahayakan atau masalah pada teknologi.

Parade mobil otonom terbesar di lokasi pengujian Dianjiang di Chongqing. Sebanyak 55 SUV Changan CS55 yang bisa mengemudi sendiri berbaris dan membentuk konvoi yang melaju dengan kecepatan 30 km / jam (18,6 mph) selama 9 menit dan 7 detik untuk menyelesaikan putaran trek uji 3,2 km (2 mil).

"Para pengemudi yang berpartisipasi dalam tes tidak memiliki kontak dengan sistem autopilot sama sekali, jadi kita juga harus membangun kepercayaan kepada pengemudi terhadap amannya teknologi otonom tersebut," kata Yang Guo, otonom car engineer Changan Automobile, seperti dikutip dari Carscoops, Kamis (14/2/2019).

 

Sebagai informasi produsen Changan membuat beberapa modifikasi pada sistem CS55, termasuk sensor yang ditingkatkan serta pengurangan objek dan margin deteksi peristiwa, mengingat jarak yang lebih pendek dari biasanya antara kendaraan dalam konvoi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini