nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivitas Kegempaan Gunung Karangetang Menurun, Luncuran Lava Masih Terjadi

Subhan Sabu, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 09:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 14 340 2017722 aktivitas-kegempaan-gunung-karangetang-menurun-luncuran-lava-masih-terjadi-tRNCn0eJO0.jpg Gunung Karangetang (Foto : Subhan Sabu/Okezone)

SITARO – Setelah sebelumnya digoyang 43 kali gempa, aktivitas kegempaan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara mulai menurun. Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang mencatat Gunung Karangetang dilanda tiga kali gempa guguran, enam kali gempa embusan, dua kali gempa vulkanik dangkal, satu kali gempa vulkanik dalam, serta tiga kali gempa tektonik jauh.

Visual Gunung Karangetang terlihat jelas. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 75 meter di atas puncak kawah. Embusan asap dari kawah II teramati putih tebal setinggi 50 meter di atas puncak. Angin bertiup lemah ke arah selatan.

"Karangetang jelas tampak asap kawah putih tebal bertekanan gas kuat sekitar 400 Meter, kawah II putih sedang dengan tekanan gas sedang 150 meter," ujar Kepala Pos Pemantau Gunung Api Karangetang, Yudia Prama Tatipang, Kamis (14/2/2019).

Guguran lava Gunung Karangetang (BNPB)

Sedangkan visual dari Kampung Lai Siau Tengah, menurut Tatipang teramati luncuran lava dari puncak kawah II ditandai kepulan asap kelabu di lereng utara gunung api. Status Gunung Karangetang belum berubah, masih level III atau siaga.

(Baca Juga : Aktivitas Kegempaan Gunung Karangetang Menurun, tapi Masih Siaga)

Masyarakat direkomendasikan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona bahaya yaitu radius 2.5 km dari puncak Kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat-Barat Laut sejauh 3 km dan ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 km.

(Baca Juga : PVMBG: Gunung Karangetang Tercatat Mengalami 43 Kali Gempa)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini